Cara promosi bisnis melalui tiktok (Dok. Istimewa) |
SwaraWarta.co.id – Sekarang ini, TikTok adalah platform media sosial yang sangat diminati oleh banyak orang, terutama di Indonesia, yang mempunyai lebih dari 113 juta user aktif pada bulan April lalu.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Hal ini tentu membuka peluang besar bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk/layanannya melalui TikTok Shop.
Namun, untuk sukses memasarkan produk/layanan bisnis di TikTok, diperlukan strategi yang tepat agar pemasaran bisa membuahkan hasil yang maksimal.
Tips Promosi Tiktok yang Paling Benar
Berikut adalah tips dan cara ‘promosi di TikTok’ untuk memasarkan produk/layanan bisnis dengan efektif di platform ini:
1. Buat Konten yang Menarik
Buat konten video yang menarik dengan pesan yang jelas dan relevan dengan produk/brand bisnis Anda.
Gunakan juga efek visual, musik, dan teks copywriting yang menarik untuk memperkaya konten Anda.
Pastikan konten video singkat dan langsung ke point agar pesan promosi tersampaikan secara efektif.
2. Ikuti Tren Video yang Viral
Ikuti tren video yang sedang viral di TikTok dan coba mengikuti gaya dan format yang diminati oleh pengguna.
Gunakan hashtag yang sesuai dengan tren tersebut untuk meningkatkan visibilitas video Anda dan sampaikan pesan atau informasi produk dengan cara yang kreatif dan menarik dalam konteks tren tersebut.
3. Gunakan Hastag
Gunakan hashtag yang unik dan relevan dengan produk/layanan bisnis Anda agar konten TikTok cepat viral dan menjangkau banyak audiens.
Selalu lakukan riset terlebih dahulu untuk melihat apakah hashtag tersebut sudah ada atau digunakan oleh orang lain.
4. Gunakan Challenge TikTok
Gunakan challenge tiktok sebagai media untuk promosi bisnis dengan membuat tantangan yang kreatif dan relevan dengan produk Anda dan undang pengguna TikTok lain untuk berpartisipasi.
Selain itu, Anda juga bisa mengadaptasi dan melakukan inovasi pada tren atau challenge TikTok yang sudah ada dengan tetap menggunakan hashtag yang unik dan spesifik pada challenge tersebut.
5. Memanfaatkan Fitur Live TikTok
Manfaatkan fitur live tiktok dalam promosi bisnis dengan jadwalkan live streaming secara teratur dan gunakan judul yang menarik dan deskripsi yang relevan.
Selama live, melakukan interaksi secara aktif di komentar dan pertanyaan pengikut untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dan promosikan produk atau layanan
Selain itu, Anda bisa menjelaskan manfaat produk atau melakukan sesi tanya jawab tentang bisnis Anda.
Terakhir, simpan live streaming Anda dan bagikan ulang sebagai video reguler agar lebih banyak orang bisa melihatnya.
Jika merasa kesulitan, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai layanan jasa live TikTok profesional, sehingga live streaming dapat menghasilkan leads penjualan.
Dengan strategi ini, Anda bisa memanfaatkan TikTok sebagai alat promosi yang efektif untuk bisnis Anda.