Sering Ramai Peminat, Ini Dia 5 Pondok Pesantren Terbaik di Jogjakarta

Avatar

- Redaksi

Monday, 29 January 2024 - 11:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kegiatan di pondok pesantren (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id – Pondok pesantren merupakan salah satu alternatif tempat pendidikan yang banyak dipilih oleh para orang tua untuk melahirkan generasi yang cerdas dan memiliki kepribadian islami. 

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Melalui pondok pesantren, anak-anak dapat memperoleh pendidikan yang berimbang antara pendidikan akademik dan pendidikan agama.

Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Jogjakarta 

Jogja merupakan kota yang memiliki cukup banyak pilihan pondok pesantren yang berkualitas dan mampu memberikan fasilitas serta metode pembelajaran yang baik. 

Orang tua yang ingin mencari pondok pesantren terbaik di Jogja dapat mempertimbangkan daftar berikut.

1. Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak

Pertama, Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia. 

Dinamai Al-Munawwir Krapyak karena didirikan oleh KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad pada tahun 1911 dan dibangun di Jalan KH. Ali Maksum Krapyak, Kulon, Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta.

Pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak mengusung metode pembelajaran salaf dengan Al-Quran sebagai ciri khas pendidikannya. 

Selain itu, ponpes ini memiliki beberapa lembaga pendidikan seperti Madrasah Salafiyah, Al-Ma’had al-’Aly, Madrasah Diniyah, Madrasah Huffadh, Majlis Ta’lim dan Majelis Masyayikh. 

Kelebihan lain dari pondok pesantren ini adalah fasilitas yang lengkap dengan lingkungan yang nyaman dan bersih. 

Baca Juga :  Eks-Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, Dituntut 9 Tahun Penjara atas Kasus Korupsi dan Gratifikasi

Untuk masalah pendaftaran, orang tua dapat menghubungi nomor telepon (0274) 383768 atau mengunjungi website resminya, yaitu almunawwir.com.

2. Pondok Pesantren Al Barokah. 

Pondok pesantren yang satu ini mengusung konsep pesantren modern yang menggabungkan antara pendidikan agama Islam dan pendidikan formal secara serentak. 

Pondok pesantren Al Barokah didirikan oleh KH. Rosim Al Fatih pada tahun 1988 dan berlokasi di Jalan Gotong Royong No. 1107, Karangwuru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Pondok pesantren Al Barokah memiliki MTs sebagai lembaga formal dengan Tahfidz Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah sebagai lembaga informal. 

Santri dapat memilih untuk menjadi santri mukim atau non-mukim dan dibebaskan mengikuti ekstrakurikuler serta aktivitas pendidikan lainnya.

Keunggulan lainnya adalah prasarana yang memadai seperti masjid, ruang belajar, perpustakaan, asrama, lapangan olahraga, serta bagunan-bangunan lainnya yang memadai. 

Anda dapat menghubungi nomor telepon (0274) 511121 atau melihat akun Instagram @ppalbarokah untuk informasi selengkapnya.

3. Pondok Pesantren Ali Maksum

Selanjutnya adalah Pondok Pesantren Ali Maksum. Merupakan pondok pesantren yang masih berkerabat dengan pondok pesantren Al-Munawwir. 

PP Ali Maksum berdiri dengan tumpuan yayasan yang berbeda, sehingga memiliki perbedaan dengan pondok pesantren Al-Munawwir.

Baca Juga :  Belasan Paskibraka Lepas Hijab, MUI Buka Suara

Daya tarik dari pondok pesantren Ali Maksum adalah metode pembelajaran tahfidz Quran yang diusungnya. 

Pondok pesantren ini juga memiliki lembaga pendidikan formal lebih banyak, yaitu MTs dan MA. PP Ali Maksum berlokasi di Jalan KH. Ali Maksum Gg. Mawar RT 06, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Selain itu, fasilitas binaan yang dimiliki pondok pesantren Ali Maksum cukup memadai untuk aktivitas pembelajaran agama dan formal. 

Bagi orang tua yang berminat untuk mengetahui lebih jauh mengenai lembaga ini, dapat menghubungi nomor telepon 0856-0113-2211 atau melihat website resminya, krapyak.org.

4. Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Berikutnya, Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Dinamai sebagai penghormatan terhadap nama ulama besar Indonesia, KH. Wahid Hasyim, pondok pesantren ini memang merupakan ponpes yang terkenal di Jogja. 

Dan tidak diragukan lagi, pondok pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal dan informal secara terpadu.

Berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan PP Wahid Hasyim antara lain Madrasah Diniyah, Madrasah Tahfidz Al-Qur’an wa Tafsir, Ma’had Aly, MI, MTs, MA dan SMA Sains Al-Qur’an. 

Pondok pesantren ini beralamat di Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gaten, Condongcatur, Depok, Dabag, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Baca Juga :  Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, BPBD Konfirmasi Korban Tewas dan Permintaan Kantong Jenazah

PP Wahid Hasyim memiliki fasilitas yang memadai, mengedepankan disiplin, serta lingkungan yang bersih dan nyaman bagi santri. 

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang PP Wahid Hasyim, hubungi nomor telepon 0857-4366-5465 atau cek situs resminya di ppwahidhasyim.com.

5. Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro. 

Di balik nama Pangeran Diponegoro, terdapat sosok ulama besar Indonesia yang merupakan pendiri pondok pesantren ini, yaitu KH. Drs. M. Syakir Ali, M.Si. 

PP Pangeran Diponegoro merupakan pondok pesantren yang memungkinkan santri mahasiswa dan umum untuk bergabung.

Ada beberapa lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan pondok pesantren ini, seperti MA, Madin, SMK, SMP, MI, RA, dan PKBM. 

Bagi orang tua yang memberikan perhatian terhadap pendidikan anak-anaknya, PP Pangeran Diponegoro pantas dijadikan salah satu referensi terbaik.

Lokasinya pun cukup strategis yaitu di Jalan P. Diponegoro Gg. Syafi’i No 38, RT 1 Sembego, Maguwoharjo, Depok, Sleman. 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0813-2679-1585 atau mencari akun Instagram @ponpes.diponegoro.

Itulah beberapa opsi pondok pesantren terbaik di Jogja yang dapat dijadikan referensi untuk memilih sekolah yang tepat bagi anak-anak. 

Berita Terkait

Tebing Keraton:Wisata Bandung yang Cocok Bagi Pecinta Sunset dan Sunrise!
Informasi Lengkap Wisata Kampung Cai Ranca Upas: Wajib Masuk List Liburan di Bandung!
Kawah Putih Ciwidey di Bandung: Harga Tiket dan Fasilitasnya!
Kode Morse Sandi Harian Hamster Kombat 20 September 2024, Raih Jutaan Koin Gratis
UPDATE Enigma Rocky Rabbit 19-20 September 2024: Klaim 2,5 Juta Koin Sekarang!
Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik
Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian
Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan

Berita Terkait

Friday, 20 September 2024 - 14:13 WIB

Tebing Keraton:Wisata Bandung yang Cocok Bagi Pecinta Sunset dan Sunrise!

Friday, 20 September 2024 - 11:09 WIB

Informasi Lengkap Wisata Kampung Cai Ranca Upas: Wajib Masuk List Liburan di Bandung!

Friday, 20 September 2024 - 10:30 WIB

Kawah Putih Ciwidey di Bandung: Harga Tiket dan Fasilitasnya!

Friday, 20 September 2024 - 10:15 WIB

UPDATE Enigma Rocky Rabbit 19-20 September 2024: Klaim 2,5 Juta Koin Sekarang!

Thursday, 19 September 2024 - 23:57 WIB

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Berita Terbaru