Mengatasi Suara Berdenyit pada Rem Kendaraan: Penyebab dan Solusinya

- Redaksi

Monday, 24 February 2025 - 09:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengatasi Suara Berdenyit pada Rem Kendaraan (Dok. Ist)

Mengatasi Suara Berdenyit pada Rem Kendaraan (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id – Pengguna kendaraan, baik motor maupun mobil, sering kali mengalami masalah suara berdenyit dari sistem pengereman. Hal ini sering menimbulkan kekhawatiran saat berkendara.

Menurut Rachmat Dwinata, Bendix Principal Indonesia, pengendara tidak perlu buru-buru mengganti komponen rem seperti kampas atau piringan saat mengalami masalah ini.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bunyi tersebut, misalnya kotoran yang menumpuk karena kurangnya perawatan atau material kampas yang terlalu keras.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Cara Mengatasi Suara Berdenyit pada Rem

Untuk menghindari masalah ini, pemilik kendaraan disarankan untuk rutin membersihkan sistem pengereman setiap kali melakukan servis berkala. Dengan perawatan yang teratur, rem bisa bekerja lebih optimal dan umur pakainya lebih panjang.

Baca Juga :  Suzuki Hadirkan Jimny Adventure Experience di IIMS 2025, Tantang Pengunjung Uji Ketangguhan Off-Road

Selain itu, pengecekan komponen rem sebaiknya dilakukan setiap 30.000 hingga 40.000 km.

Namun, menurut Rachmat, angka ini bisa bervariasi tergantung pada cara mengemudi, kebiasaan pengereman, medan jalan, serta seberapa sering kendaraan diservis

Kampas Rem Baru untuk Kendaraan Listrik

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, Bendix memperkenalkan produk kampas rem terbaru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik.

Kampas rem ini menggunakan material yang berbeda dari kampas rem biasa dan memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Dilengkapi teknologi Hybrid Fusion yang menggabungkan STEALTH Advanced Technology, Ceramic Technology, Blue Titanium Stripe, dan Fiber Impregnated Rubber Steel Shims

Rachmat menjelaskan bahwa kampas rem untuk mobil hybrid dan listrik (HEV/BEV) menggunakan material metalik. Ini karena kendaraan listrik cenderung lebih berat, sehingga membutuhkan daya pengereman yang lebih kuat.

Baca Juga :  Geger, Wanita di Bekasi Disiram Air Keras saat Motor Mogok

Namun, pengguna kendaraan listrik di Indonesia masih harus bersabar karena produk kampas rem ini belum tersedia di pasar Indonesia. Bendix masih dalam tahap pengembangan sebelum resmi memasarkannya di Tanah Air.

Berita Terkait

Suzuki Gixxer 150 ABS 2025: Motor Sport Agresif dengan Performa Lebih Bertenaga
Suzuki Hadirkan Jimny Adventure Experience di IIMS 2025, Tantang Pengunjung Uji Ketangguhan Off-Road
Harus Dihindari! Ini Dia Kesalahan Umum dalam Menggunakan Charger Mobil Listrik
5 Keuntungan Memilih Sistem Kredit Ketika Membeli Mobil Keluarga
Blackvue Perkenalkan Dashcam DR590X Plus 2025 dengan Fitur Terbaru di IIMS 2025
Royal Enfield Guerilla 450 Resmi Dirilis di IIMS 2025, Harga Mulai Rp149 Juta
Toyota Indonesia Gelar Beyond Zero: Dorong Mobilitas Ramah Lingkungan dan Netralitas Karbon
Ferrari Siap Rilis Mobil Listrik Pertamanya pada 2025, Tetap Usung Performa Khas Supercar

Berita Terkait

Monday, 24 February 2025 - 12:54 WIB

Suzuki Gixxer 150 ABS 2025: Motor Sport Agresif dengan Performa Lebih Bertenaga

Monday, 24 February 2025 - 09:01 WIB

Mengatasi Suara Berdenyit pada Rem Kendaraan: Penyebab dan Solusinya

Saturday, 22 February 2025 - 09:15 WIB

Suzuki Hadirkan Jimny Adventure Experience di IIMS 2025, Tantang Pengunjung Uji Ketangguhan Off-Road

Wednesday, 19 February 2025 - 00:18 WIB

Harus Dihindari! Ini Dia Kesalahan Umum dalam Menggunakan Charger Mobil Listrik

Wednesday, 19 February 2025 - 00:10 WIB

5 Keuntungan Memilih Sistem Kredit Ketika Membeli Mobil Keluarga

Berita Terbaru