SwaraWarta.co.id -The Pokemon Company baru-baru ini mengumumkan proyek besar di Indonesia untuk tahun 2025, termasuk peluncuran lini Batik Pokemon terbaru.
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf), Irene Umar, menyatakan bahwa kolaborasi ini tidak hanya memberi dampak positif pada perekonomian Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk pertukaran budaya yang menarik.
“Kalau Batik (Pokemon) awalnya itu hanya satu motif, sekarang bisa dilihat sudah sekitar lima motif. Jadi sudah pasti roda perputaran (ekonomi)nya pasti jalan, bisa dipikirkan ekonominya seberapa besar? Kemudian, dari segi kebudayaan ini adalah pertukaran budaya, di mana Pikachu memakai Batik itu dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia,” katanya di Jakarta, Kamis
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Irene menjelaskan bahwa sebelumnya hanya ada satu motif Batik untuk Pokemon, tetapi sekarang sudah ada sekitar lima motif, yang pastinya dapat meningkatkan perputaran ekonomi.
Selain itu, dengan Pokémon seperti Pikachu mengenakan Batik, ini memberikan kesempatan untuk menunjukkan budaya Indonesia ke seluruh dunia, yang bisa dilihat oleh jutaan orang.
Pokemon, yang merupakan serial anime populer di seluruh dunia, telah memiliki penggemar yang luas, tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa.
Selain serial anime, Pokemon juga memiliki berbagai produk, termasuk video game, kartu, film, dan cenderamata. Waralaba ini diperkirakan memiliki lebih dari 900 juta penggemar di seluruh dunia.
Menariknya, meskipun Pokemon terkenal dengan film dan game-nya, pendapatan terbesar mereka justru datang dari penjualan merchandise atau cenderamata.
Bahkan, di Jepang, terdapat toko-toko yang menjual Batik Pokemon, dan orang-orang dari luar negeri, seperti Singapura dan Jepang, rela jauh-jauh datang untuk membeli Batik tersebut.
“Bahkan sekarang kalau misalnya teman-teman ke Jepang, ada a piece of Indonesia di sana yang mana adalah Batik. Pokemon ini punya toko cenderamata di mana-mana, Batik Concept ini sendiri orang Singapura, orang Jepang jauh-jauh ke toko Batik Concept untuk mendapatkan batik ini,” ujar Irene
Irene berharap kolaborasi ini juga bisa meningkatkan minat generasi muda untuk mengenakan Batik dengan bangga.
Dia juga menargetkan kolaborasi antara karakter internasional seperti Pokemon dengan karakter lokal untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke lebih banyak orang.
Hal ini juga diharapkan dapat mempercepat perkembangan ekonomi terkait produk-produk lokal.
Selain itu, Pokemon Company juga akan melanjutkan beberapa kolaborasi dengan Indonesia tahun ini.
Salah satunya, mereka akan bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk menampilkan Pikachu mengenakan Batik di pesawat mereka, serta merilis cenderamata spesial.
Pokemon juga akan berkolaborasi dengan PSSI untuk meluncurkan cenderamata Pikachu dengan seragam sepak bola Indonesia dan menggelar acara “Pokemon Day” selama pertandingan tim nasional U-23 di Indonesia.