Panduan Lengkap Doa Akhir Tahun Baru Islam dan Artinya

Avatar

- Redaksi

Wednesday, 18 September 2024 - 09:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Doa Akhir Tahun Baru Islam (Dok. Ist)

Doa Akhir Tahun Baru Islam (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id – Membaca doa akhir tahun dan awal tahun Hijriah dianjurkan bagi umat Islam sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT.

Melalui doa ini, umat Muslim bisa memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama tahun sebelumnya dan memohon pertolongan untuk menghadapi tahun yang akan datang.

Doa Akhir Tahun Hijriah

Berikut adalah bacaan doa akhir tahun Hijriah yang disarankan untuk dibaca, dilengkapi dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Baca Juga :  Hukum Arisan Menurut Islam: Pandangan Ulama dan Ketentuan Syariah

Tulisan Latin:

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya:

Ya Allah, ampunilah segala perbuatanku di tahun ini yang melanggar larangan-Mu, namun aku belum sempat bertaubat. Perbuatan yang telah Kau maafkan karena kemurahan-Mu, meskipun Kau mampu menghukumku. Ampunilah aku, ya Allah. Aku berharap Kau menerima perbuatanku yang sesuai dengan ridha-Mu dan berikanlah pahala yang telah Engkau janjikan. Jangan putuskan harapanku kepada-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Mulia.

Baca Juga :  Doa untuk Melupakan Mantan dan Menjaga Keharmonisan Pernikahan

Doa Awal Tahun Hijriah

Selain doa akhir tahun, doa awal tahun Hijriah juga dianjurkan untuk dibaca sebagai permohonan perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT dalam menjalani tahun baru. Berikut adalah doa awal tahun Hijriah:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Tulisan Latin:

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Baca Juga :  8 Standar Pendidikan Nasional: Membangun Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Artinya:

Ya Allah, Engkau adalah Yang Abadi, Awal, dan Qadim. Atas kemurahan-Mu yang besar, kami berharap kepada-Mu. Tahun baru ini telah tiba, lindungilah kami dari godaan setan dan para pengikutnya. Bantulah kami mengendalikan nafsu yang cenderung berbuat jahat, serta sibukkanlah kami dengan hal-hal yang mendekatkan kami kepada-Mu. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia dan Agung.”

Dengan membaca doa akhir dan awal tahun Hijriah ini, diharapkan umat Muslim dapat menjalani tahun baru dengan penuh berkah dan perlindungan dari Allah SWT.

Berita Terkait

Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru
Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan
Doa, Sunnah Sebelum dan Sesudah Berhubungan Suami Istri
Doa Sebelum Tidur dan Sunnah-sunnah Saat Tidur
Doa atau Niat Puasa Sunnah Hari Senin dan Kamis
Doa untuk Pengantin: Harapan Bahagia dan Berkah dalam Ikatan Pernikahan
Doa Pernikahan: Sebuah Harapan dan Berkah dalam Kebahagiaan
Doa Tobat Islam Arab: Panduan Lengkap Bacaan dan Artinya

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 22:04 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru

Thursday, 19 September 2024 - 22:03 WIB

Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan

Thursday, 19 September 2024 - 22:01 WIB

Doa, Sunnah Sebelum dan Sesudah Berhubungan Suami Istri

Thursday, 19 September 2024 - 21:59 WIB

Doa Sebelum Tidur dan Sunnah-sunnah Saat Tidur

Thursday, 19 September 2024 - 21:57 WIB

Doa atau Niat Puasa Sunnah Hari Senin dan Kamis

Berita Terbaru

Doa ketika mimpi buruk.Doc.lst

Berita

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 Sep 2024 - 23:57 WIB