Contoh Dosa Jariyah yang Terus Mengalir Hingga Hari Kiamat

Avatar

- Redaksi

Sunday, 8 September 2024 - 17:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SwaraWarta.co.id – Dosa jariyah adalah salah satu bentuk dosa yang akan terus mengalir pahalanya, bahkan setelah seseorang meninggal dunia.

Dalam Islam, perbuatan baik maupun buruk yang kita lakukan tidak hanya berdampak pada kehidupan dunia, tetapi juga berlanjut hingga akhirat.

Salah satu bentuk dosa yang bisa terus mengalir adalah dosa jariyah.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengertian Dosa Jariyah

Dosa jariyah merupakan kebalikan dari pahala jariyah. Jika pahala jariyah adalah amal baik yang pahalanya terus mengalir meskipun kita sudah meninggal.

Dosa jariyah adalah keburukan yang kita lakukan atau ajarkan kepada orang lain yang berdampak negatif pada mereka. Sehingga dosa tersebut terus tercatat setiap kali orang lain mengikutinya. Hal ini berlaku hingga hari kiamat.

Contoh dosa jariyah adalah menyebarkan ajaran yang menyesatkan atau membagikan hal-hal negatif yang kemudian diikuti banyak orang.

Setiap orang yang terpengaruh oleh perbuatan atau ajaran buruk tersebut akan terus menambah dosa bagi orang yang pertama kali melakukannya.

Baca Juga :  Dayyuts Adalah: Pengertian, Ciri, dan Dampaknya dalam Islam

Contoh Dosa Jariyah

Ada beberapa contoh perbuatan yang dapat menyebabkan dosa jariyah:

  1. Menyebarkan kebohongan atau fitnah: Menyebarkan berita palsu atau fitnah di masyarakat bisa berujung pada kerusakan. Jika orang lain ikut menyebarkannya, dosa tersebut akan terus mengalir kepada penyebar awal.
  2. Mengajarkan hal-hal yang menyesatkan: Jika seseorang mengajarkan sesuatu yang menyimpang dari ajaran Islam, dan orang lain mengikutinya. Maka dosa orang yang mengikuti itu akan berbalik kepada orang yang pertama kali menyebarkan ajaran sesat tersebut.
  3. Menyebarkan konten negatif di media sosial: Di era digital, menyebarkan hal-hal buruk seperti konten pornografi, kekerasan, atau hal-hal yang merusak moral di media sosial bisa menjadi dosa jariyah. Setiap kali orang lain mengakses, menonton, atau membagikan konten tersebut, dosa akan terus bertambah bagi orang yang pertama kali menyebarkannya.
  4. Mengumbar Aurat: Seringkali para perempuan menunjukkan aurat mereka di tempat umum bahkan ada yang mereka umbar untuk di jadikan konten di sosmed. Tentu hal semacam ini akan mengumbar hawa nafsu bagi para laki-laki.
Baca Juga :  Mengatasi Kegelisahan dengan Istighfar: Manfaat Spiritual yang Menenangkan Jiwa

Mengapa Dosa Jariyah Sangat Berbahaya?

Dosa jariyah sangat berbahaya karena dosa ini terus bertambah tanpa henti, meskipun pelaku awalnya sudah meninggal dunia. Dalam hadits Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

“Barangsiapa yang memulai suatu amalan yang buruk, maka ia akan menanggung dosanya dan dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa mereka.” (HR. Muslim)

Dari hadits ini jelas bahwa dosa jariyah tidak berhenti dengan kematian seseorang, tetapi akan terus mengalir selama orang lain masih melakukan perbuatan yang sama.

Cara Menghindari Dosa Jariyah

Untuk menghindari dosa jariyah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

  1. Berhati-hati dalam berbicara dan bertindak: Pastikan bahwa apa yang kita katakan atau lakukan tidak merugikan orang lain atau menimbulkan dampak buruk yang berkepanjangan.
  2. Menyebarkan kebaikan: Daripada menyebarkan hal-hal buruk, lebih baik kita fokus pada menyebarkan ilmu yang bermanfaat dan melakukan amal kebaikan yang bisa menjadi pahala jariyah.
  3. Menggunakan media sosial dengan bijak: Media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menyebarkan sesuatu dengan cepat. Pastikan kita hanya menyebarkan hal-hal positif dan bermanfaat.
Baca Juga :  Doa untuk Orang yang Kita Sayang dalam Islam: Memohon Perlindungan dan Kebaikan

Dosa jariyah adalah dosa yang sangat berbahaya karena dampaknya yang bisa berlanjut hingga akhirat. Setiap perbuatan buruk yang kita lakukan atau ajarkan, jika diikuti oleh orang lain, akan menambah dosa kita meskipun kita sudah meninggal dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap langkah, perkataan, dan tindakan agar tidak meninggalkan warisan dosa yang abadi.

 

Berita Terkait

Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru
Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan
Doa, Sunnah Sebelum dan Sesudah Berhubungan Suami Istri
Doa Sebelum Tidur dan Sunnah-sunnah Saat Tidur
Doa atau Niat Puasa Sunnah Hari Senin dan Kamis
Doa untuk Pengantin: Harapan Bahagia dan Berkah dalam Ikatan Pernikahan
Doa Pernikahan: Sebuah Harapan dan Berkah dalam Kebahagiaan
Doa Tobat Islam Arab: Panduan Lengkap Bacaan dan Artinya

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 22:04 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru

Thursday, 19 September 2024 - 22:03 WIB

Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan

Thursday, 19 September 2024 - 22:01 WIB

Doa, Sunnah Sebelum dan Sesudah Berhubungan Suami Istri

Thursday, 19 September 2024 - 21:59 WIB

Doa Sebelum Tidur dan Sunnah-sunnah Saat Tidur

Thursday, 19 September 2024 - 21:57 WIB

Doa atau Niat Puasa Sunnah Hari Senin dan Kamis

Berita Terbaru

Doa ketika mimpi buruk.Doc.lst

Berita

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 Sep 2024 - 23:57 WIB