Swarawarta.co.id – Konsep kesenjangan digital pada awalnya meliputi hal-hal berikut, kecuali…
A. Kemampuan memiliki perangkat
B. Kemampuan pengoperasian perangkat
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
C. Kemampuan mendapat akses dan perangkat
D. Kemampuan berbagai pesan digital
Jawaban: D. Kemampuan berbagi pesan digital
Pembahasan
Jadi, konsep kesenjangan digital tidak mencakup “Kemampuan berbagi pesan digital” sebagai salah satu hal yang dimasukkan dalam konsep tersebut pada awalnya.
Faktor Pemicu Konsep Kesenjangan Digital
Konsep kesenjangan digital telah berkembang dan berubah sejak awalnya.Berikut adalah beberapa faktor konsep ini telah berubah:
1. Perluasan Definisi
Awalnya, konsep kesenjangan digital hanya mencakup akses fisik ke teknologi dan kemampuan menggunakannya.
Baca Juga: Pengumuman Kuota CPNS dan PPPK 2024: Kementerian Agama Memimpin dengan Kebutuhan Terbanyak
Namun, definisinya kini telah diperluas untuk mencakup aspek yang lebih luas.
2. Fokus pada Hasil Sekarang
Konsep kesenjangan digital tidak hanya berfokus pada akses dan penggunaan teknologi, tetapi juga pada dampak dan hasil yang diperoleh dari penggunaan teknologi tersebut.
Misalnya, perhatian diberikan pada kesenjangan dalam hal pendidikan, peluang pekerjaan, kesehatan, dan keterlibatan masyarakat.
3. Dinamika Baru
Dengan perkembangan teknologi yang terus-menerus, kesenjangan digital juga terus berubah.
Misalnya, kesenjangan dapat timbul antara generasi yang berbeda atau antara kelompok sosial-ekonomi yang berbeda dalam kemampuan mereka mengadopsi dan memanfaatkan teknologi terbaru.
4. Fokus pada Kesetaraan
Semakin diakui bahwa mengurangi kesenjangan digital adalah penting untuk mencapai kesetaraan dan inklusi digital dalam masyarakat.
Baca Juga: Bagaimana Kontribusi Satuan Pendidikan Anda Selama Ini untuk Mencapai Tujuan Pendidikan
Upaya-upaya untuk mengatasi kesenjangan digital kini dilihat sebagai bagian dari agenda yang lebih luas untuk mempromosikan keadilan sosial dan akses yang setara terhadap teknologi.
Baca Juga: Sindikat Judi Daring Meretas 855 Situs Pemerintah dan Lembaga Pendidikan di Jakarta Barat
Jadi, konsep kesenjangan digital telah berkembang dari sekadar masalah akses menjadi isu yang lebih kompleks dan multidimensi, dengan fokus yang lebih luas pada dampak, hasil, dan kesetaraan.