Sumber Foto: Freepik @freepik |
Swarawarta.co.id – Melanjutkan bahasan sebelumnya, berikut 4 poin berikutnya dari bahasan 7 trik psikologis marketing.
Sama halnya dengan pembahasan poin sebelumnya, bahasan poin-poin berikutnya juga tidak kalah pentingnya.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Poin apa saja itu, mari kita cek berikut ini:
4. Pemberian Diskon Kepada Konsumen Tertentu
Ini tentu saja bukan sebagai bentuk diskriminasi di dalam dunia marketing.
Ini sengaja dilakukan agar calon pembeli yang semula ada di range biasa akan berpikir untuk pindah ke range spesial agar bisa mendapatkan rewards yang dimaksud, contohnya reward potongan harga.
Biasanya hal ini dilakukan dengan menyasar pembeli potensial yang bisa meningkatkan penjualan produk. Tidak dilakukan kepada setiap pelanggan.
Perlakuan berbeda kepada target pemberian diskonan akan merangsang pembeli lain untuk mengambil posisi potensial agar ia mendapatkan reward potongan harga tersebut.
Tentu saja ini yang diinginkan oleh pihak penjual agar produknya bisa laku.
Hal lain adalah dengan perlakuan istimewa ini, pelanggan yang sudah mendapatkan harga spesial ini akan semakin nyaman dan pastinya akan terus menjadi langganan karena merasa sudah diperlakukan istimewa.
5. Buat Kesan Langka atau Sangat Penting Terhadap Produk Anda
Produk yang unlimited edition akan sangat dicari orang karena memiliki gengsi tersendiri setelah mendapatkannya.
Lantas produk yang tersisa hanya dua unit saja diseluruh dunia karena stok habis dan tidak lagi diproduksi akan mendorong orang untuk mendapatkannya segera karena takut tidak memilikinya.
Hal ini tentu saja sangat berguna bagi penjualan produk kita walau pada kenyataannya produk tersebut stoknya masih ada atau bisa diproduksi ulang.
Ini trik pasar yang sangat efektif tentu saja.
6. Launching Produk secara Berkala
Produk yang sudah lama di-release biasanya akan memberikan efek bosan atau malas untuk memakainya lagi. Ini manusiawi soalnya karakter manusia memang seperti itu..
Orang akan kembali bersemangat bila ada produk baru dari jenis yang sama dengan ditambahkan promo fitur baru dirilis. Biasanya mereka akan penasaran dengan fitur baru dari produk sebelumnya hingga memutuskan untuk membeli versi terbarunya.
7. Launching Produk Exlusive
Hampir sama dengan produk yang hampir habis atau limited edition, trik ini memang bisa mengatrol angka penjualan produk.
Itulah tadi 7 triks psikologis marketing yang bisa meningkatkan penjualan produk kita untuk bagian kedua. Semoga bermanfaat untuk para pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan produknya.