|
Sumber Foto: Freepik @freepik |
Swarawarta.co.id – Menemukan trik strategi pemasaran sebuah produk yang cocok memang tidak mudah, apalagi di tengah peta persaingan dagang di dunia digital yang semakin berkembang sangat pesat.
ADVERTISEMENT
.
SCROLL TO RESUME CONTENT
Banyak strategis pemasaran yang dianggap paling efektif dicoba, hasilnya tetap saja bisnis tak kunjung meningkat dan menunjukkan perubahan yang signifikan. Strateginya salah? Tentu saja tidak. Terus bagaimana menyikapinya?
Berikut beberapa Tips Mempromosikan Produk dengan Efektif di Dunia Digital. Apa saja, mari kita cek:
1. Memaksimalkan Promosi Lewat Social Media Marketing
SMM merupakan kepanjangan dari Social Media Marketing atau dalam artian lebih general adalah cabang dari pembelajaran keilmuan Digital Marketing untuk memasarkan produk dalam bentuk promosi barang dan jasa di media-media sosial yang ada.
Untuk mengawalinya, kita harus memastikan platform yang akan kita gunakan sudah sesuai dengan spesifikasi dan kriteria produk yang akan kita promosikan.
Kesalahan memilih platform akan berpengaruh terhadap audiens yang akan kita targetkan. Beda platform biasanya memiliki audiens dan keunikan yang berbeda.
Pemilihan platform jelas hal yang sangat penting, sebab sangat berpengaruh banyak terhadap produk yang kita jual.
Jangan sampai produk yang sejatinya kita tawarkan dan menyisir pasar kawula muda, tapi menggunakan platform yang audiens-nya justru dari kalangan sudah berumur.
Hal Ini tentu saja akan membuat produk yang kita promokan tidak dilirik oleh audiens.
2. Menggunakan Media Blog untuk Ajang Promosi Produk
Blog bisa jadi pilihan efektif sekaligus efisian. Membuat blog tidak memerlukan banyak keluar modal, bahkan beberapa penyedia layanan blog tidak berbayar alias gratis.
Hal ini tentu saja masih bisa kita pergunakan untuk mengiklankan produk yang akan kita jual.
Namun sebaiknya pastikan dulu bahwa keyword yang kita pergunakan di blog sudah sangat tepat dan sesuai hingga bisa mengangkat pagerank blog kita, agar bisa naik serta bisa menarik traffic lebih banyak lagi, baik dari segi kunjungan, maupun interaksi.
Banyak hal bisa dilakukan dalam menggunakan blog sebagai media promosi, penulisan artikel yang baik serta detail dari produk yang akan kita jual bisa membantu produk tersebut dilirik audiens.
Menyisipkan call to action pada artikel di blog bisa membantu untuk menggiring audiens untuk melakukan interaksi, atau malah berlanjut ke transaksi.
Pemilihan web hosting yang baik harus menjadi pertimbangan pada saat Anda membuat blog untuk media promosi.
Host yang kita pakai sebaiknya yang mudah diakses dan jarang crash agar hal ini bisa membuat audiens nyaman saat berselancar di blog kita.
3. Sekali-kali Coba Live Shopping
Live Shopping sangat efektif dipergunakan untuk menjaring calon konsumen, bentuk penawaran yang melibatkan komunikasi dua arah ini tentu saja bisa membuat calon konsumen bisa leluasa untuk bertanya kekurangan dan kelebihan produk yang kita tawarkan.
Setidaknya calon konsumen bisa mempertimbangkannya, di sini host harus bisa meyakinkan bahwa produknya rekomen untuk dibeli calon konsumer.
4. Potongan Harga Jelas Sangat Menggiurkan Bagi Calon Konsumer
Setiap konsumen tentu saja menginginkan harga dari setiap produk adalah murah, bisa dijangkau. Akan tetapi patokan harga tentu saja sangat berpedoman dengan tingkat kualitas produk yang kita jual.
Produk yang relatif mahal dengan kualitas bagus tentu saja akan ditoleransi, tetapi pada kebanyakan konsumen di jaman sekarang, harga kerap menjadi patokan utama meski kualitas pun tidak bisa dikesampingkan pula.
Untuk mengakali harga yang dianggap terlalu mahal, potongan harga jelas merupakan solusi terbaik. Promo khusus, flash Sale bisa jadi pertimbangan untuk dilakukan.
Jangan lupa pula cantumkan batasan waktu potongan harga sampai kapannya, agar calon konsumen menganggap potongan harga tersebut sifatnya urgen karena banyak orang yang akan memperebutkannya.
Pewarta: Utep
Editor: Galih Sandy
COPYRIGHT © Swarawarta