PT Toyota-Astra Motomengadakan GR Track Day di Sirkuit Ancol (Dok. Toyota Astra Motor) |
SwaraWarta.co.id – Toyota Agya GR Sport adalah mobil yang telah diberikan sentuhan khusus dengan DNA motorsport. Mobil ini dirancang untuk mereka yang mencari pengalaman berkendara yang berbeda dari varian reguler seperti G atau E.
Pabrikan telah melakukan sejumlah peningkatan pada Agya GR Sport, terutama pada kemampuan pengendalian. Peningkatan ini melibatkan perubahan pada power steering dan steering gear. Selain itu, komponen-komponen seperti shock absorber dan coil spring juga mengalami modifikasi dibandingkan dengan varian reguler.
Namun, bagaimana jika kita melengkapi Agya GR Sport dengan parts atau komponen resmi yang diracik oleh Gazoo Racing dari GR Garage Indonesia? Kami berhasil mendapatkan salah satu unitnya dan mencobanya langsung di Sirkuit Ancol, Jakarta.
Sebelum kita membahas impresi berkendara, mari kita perinci harga setiap komponen GR Performance Parts yang telah dipasang pada Agya GR Sport ini. Beberapa harganya mungkin akan membuat Anda terkejut, jadi berikut adalah rinciannya:
Pertama, mari bahas eksterior, terutama bagian kaki-kaki yang telah mengalami perubahan yang cukup besar. Velg berukuran 15-inci dengan nomor part 4570W-TAGRG dijual dengan harga Rp 2.687.490, dan ini termasuk ban berukuran 195/50-R15.
Suspensi yang digunakan juga bukanlah hal biasa, menggunakan 1-Way Suspension Kit dari Tein untuk bagian depan dan belakang dengan nomor parts 4900F-TAGRG, yang dijual dengan harga Rp 56.999.000.
Sistem pengereman didukung oleh kanvas depan khusus buatan project U dengan harga Rp 3.950.000 untuk satu set. Sayangnya, kami tidak menemukan harga piringan cakram yang lebih sporty dari versi standar.
Masuk ke dalam mobil, perubahan yang dilakukan terbilang tidak begitu banyak. Namun, komponen GR Performance Parts yang dipasang tetap memiliki kesan mewah. Misalnya, kemudi, bagian GR Steering Wheel+Boskit dengan nomor part 28004-TARGR dijual seharga Rp 11.900.000.
Tidak kalah menarik, dua kursi TGR Original Bucket di bagian depan, buatan Bride dengan nomor komponen 22C01-TAGRG dijual dengan harga Rp 27.999.000. Dengan demikian, total biaya modifikasi ‘simpel’ dengan GR Performance Parts pada Agya GR Sport mencapai sekitar Rp 100 juta! Berikut adalah rinciannya:
– Velg 15-inci (4570W-TAGRG) – Rp 2.687.490
– Tein 1-Way Suspension Kit (4900F-TAGRG) – Rp 56.999.000
– Brake Pad project U front (4570V-TAGRG) – Rp 3.950.000
– GR Steering Wheel+Boskit (28004-TAGRG) – Rp 11.900.000
– TGR Original Bucket Seat (22C01-TAGRG) – Rp 27.999.000
– Total – Rp 103.535.490.
Bagaimana rasanya? Perubahan yang signifikan ditambah dengan harga komponen yang terbilang tinggi jelas memberikan dampak yang kuat. Agya dengan kit performa ini membuat pengendaliannya menjadi lebih sporty, mirip dengan mobil balap.
Berkendara Agya ini sangat menyenangkan, terutama ketika melibas sirkuit di Ancol. Namun, perlu dicatat bahwa penggantian kemudi secara otomatis menghilangkan fungsi paddle shift bawaan dan pengaturan mode tenaga.
Setidaknya, jika semua komponen yang ditawarkan ini dipasang pada Agya Anda, mobil Anda akan menjadi objek yang mengagumkan dan berbeda dari Agya lainnya yang masih dalam kondisi standar pabrikan. Apakah menurut Anda Agya GR Sport dengan GR Performance Parts sudah cukup mewah?