Swarawarta.co,id – Pada tahun 2012, sebuah eksperimen dramatis yang dilakukan di gurun Meksiko memberi wawasan baru tentang keselamatan penerbangan, khususnya mengenai posisi duduk penumpang yang berisiko lebih rendah dalam kecelakaan pesawat.
Eksperimen yang melibatkan jatuhnya sebuah Boeing 727 ini mengungkap fakta mengejutkan: penumpang yang duduk di bagian belakang pesawat memiliki peluang bertahan hidup yang lebih tinggi.
Eksperimen tersebut dilakukan oleh ilmuwan untuk menjawab pertanyaan yang sering kali menjadi topik perdebatan dalam dunia penerbangan: di manakah posisi duduk yang paling aman dalam sebuah pesawat saat terjadi kecelakaan?
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Hasil penelitian ini semakin relevan setelah kejadian kecelakaan pesawat Azerbaijan Airlines, yang kembali memvalidasi temuan tersebut.
Kecelakaan pesawat selalu memunculkan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan penumpang.
Kejadian tragis seperti yang dialami oleh Azerbaijan Airlines menunjukkan bahwa meskipun pesawat modern dilengkapi dengan teknologi canggih, faktor posisi duduk penumpang tetap memainkan peran yang krusial dalam menentukan siapa yang selamat dan siapa yang tidak.
Eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan tersebut bukanlah percobaan biasa.
Sebuah Boeing 727, yang sengaja dijatuhkan dalam kondisi terkendali di gurun Meksiko, dijadikan objek uji coba untuk mempelajari berbagai dinamika yang terjadi saat pesawat mengalami kecelakaan.
Dalam eksperimen ini, berbagai posisi duduk dianalisis untuk melihat seberapa besar peluang bertahan hidup penumpang di setiap bagian pesawat.
Dokumentasi eksperimen ini dipublikasikan dalam sebuah episode dokumenter yang ditayangkan oleh Discovery Channel dengan judul “Curiosity: Plane Crash.” (pafiberaukab.org)
Dalam dokumenter tersebut, hasil eksperimen dengan jelas menunjukkan bahwa penumpang yang duduk di bagian belakang pesawat memiliki peluang bertahan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang duduk di bagian depan atau tengah pesawat.
Penemuan ini tentu saja menggugah perhatian dunia penerbangan, yang selama ini lebih fokus pada upaya peningkatan sistem keamanan dan teknologi pesawat itu sendiri.
Hasil eksperimen tersebut semakin dikuatkan dengan kejadian kecelakaan pesawat Azerbaijan Airlines.
Dalam insiden tersebut, mayoritas penumpang yang duduk di bagian belakang pesawat berhasil selamat.
Meski demikian, tidak ada jaminan mutlak bahwa posisi duduk akan menentukan keselamatan seseorang dalam setiap kecelakaan, mengingat banyak faktor lain yang turut mempengaruhi, seperti jenis kecelakaan, kecepatan pesawat saat kejadian, dan faktor cuaca.
Eksperimen ini mengungkapkan bahwa meskipun pesawat modern dirancang dengan berbagai sistem keamanan untuk melindungi penumpang, posisi duduk tetap menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi tingkat keselamatan.
Meskipun kecelakaan pesawat cukup jarang terjadi, penelitian semacam ini memberikan gambaran mengenai langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan peluang keselamatan di saat-saat krisis.
Tentu saja, hasil ini tidak serta-merta membuat penumpang yang duduk di bagian depan menjadi lebih rentan, namun memberikan informasi yang berguna bagi penumpang dan maskapai dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan.
Penting untuk dicatat bahwa eksperimen ini dilakukan dalam kondisi yang sangat terkendali dan tidak bisa sepenuhnya mencerminkan kondisi nyata dalam sebuah kecelakaan penerbangan yang tidak dapat diprediksi.
Namun demikian, temuan dari eksperimen ini tetap memberi pengetahuan yang berharga dalam dunia keselamatan penerbangan.
Selain posisi duduk, ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi keselamatan penumpang. Misalnya menurut pafibiaknumforkab.org, pemahaman dan kesiapan penumpang dalam mengikuti prosedur keselamatan, seperti penggunaan sabuk pengaman, pelatihan evakuasi, dan perhatian terhadap pengumuman keselamatan dari kru pesawat.
Semua aspek tersebut saling terkait untuk memastikan penumpang memiliki kesempatan terbaik untuk bertahan hidup dalam situasi darurat.
Bahkan dalam kecelakaan yang sangat jarang terjadi, keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama bagi pihak maskapai penerbangan. Dalam setiap penerbangan, pesawat harus mematuhi standar keselamatan yang ketat yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan sipil internasional, seperti International Civil Aviation Organization (ICAO).
Maskapai penerbangan dan kru pesawat dilatih secara rutin untuk menghadapi keadaan darurat dan memastikan penumpang dapat dievakuasi dengan aman jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Mencari artikel kesehatan? Jangan lupa kunjungi: pafibimakab.org