7 Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

- Redaksi

Monday, 13 January 2025 - 17:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

SwaraWarta.co.id – Ada beberapa cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum. Aki basah atau aki konvensional adalah komponen penting dalam kendaraan bermotor atau mobil.

Fungsi utamanya adalah menyimpan energi listrik dan menyuplainya ke sistem kelistrikan kendaraan.

Namun, seringkali aki basah mengalami masalah, seperti tidak bisa menyimpan setrum (daya listrik). Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu buru-buru mengganti aki baru. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

  1. Periksa Level Air Aki

Aki basah memerlukan air aki (elektrolit) untuk berfungsi dengan baik. Jika level air aki terlalu rendah, kinerjanya akan terganggu. Buka tutup aki dan periksa level air di dalamnya. Pastikan air aki berada di antara batas minimum dan maksimum. Jika kurang, tambahkan air aki atau air destilasi hingga mencapai level yang direkomendasikan.

  1. Bersihkan Terminal Aki

Kotoran atau korosi pada terminal aki dapat menghambat aliran listrik. Matikan mesin kendaraan dan lepaskan kabel terminal aki.

Baca Juga :  Motor Matic Impian dengan Budget Terjangkau! New Honda Vario 125: Mewah, Harga Ekonomis, Irit BBM, Dilengkapi dengan Fitur Menarik

Gunakan sikat kawat atau amplas halus untuk membersihkan terminal dan konektor. Setelah bersih, pasang kembali kabel terminal dengan kuat.

  1. Lakukan Pengisian Ulang (Charging)

Aki yang tidak bisa menyimpan setrum mungkin karena daya listriknya habis. Gunakan charger aki untuk mengisi ulang daya. Pastikan charger yang digunakan sesuai dengan kapasitas aki. Charging biasanya memakan waktu beberapa jam. Setelah penuh, coba gunakan aki kembali dan periksa apakah sudah berfungsi normal.

  1. Cek Tegangan Aki

Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Tegangan normal aki basah adalah sekitar 12,6 volt saat mesin mati dan 13,7-14,7 volt saat mesin hidup. Jika tegangan di bawah angka tersebut, kemungkinan aki mengalami kerusakan internal atau sulfasi.

  1. Atasi Sulfasi pada Aki

Sulfasi terjadi ketika timbal sulfat menumpuk di plat aki, menghambat kinerjanya. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menggunakan alat desulfator atau bahan kimia khusus yang dijual di pasaran. Proses ini membantu menghilangkan timbal sulfat dan mengembalikan kapasitas aki.

  1. Ganti Sel Aki yang Rusak

Jika hanya satu atau dua sel aki yang rusak, Anda bisa menggantinya tanpa harus membeli aki baru. Buka tutup aki dan periksa setiap sel. Ganti sel yang rusak dengan sel baru yang sesuai.

  1. Periksa Sistem Pengisian Kendaraan

Jika aki terus-menerus tidak bisa menyimpan setrum, masalah mungkin terletak pada sistem pengisian kendaraan, seperti alternator atau regulator. Periksa komponen tersebut dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca Juga :  Pengaruh Teknologi 5G pada Sistem Navigasi dan Keamanan Otomotif

Oleh karna itu, memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Namun, jika kerusakan sudah parah, mengganti aki baru mungkin menjadi solusi terbaik.

Selalu lakukan perawatan rutin pada aki untuk menghindari masalah di kemudian hari. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat biaya dan menjaga kinerja kendaraan tetap optimal.

 

Berita Terkait

Suzuki Hadirkan Jimny Adventure Experience di IIMS 2025, Tantang Pengunjung Uji Ketangguhan Off-Road
Harus Dihindari! Ini Dia Kesalahan Umum dalam Menggunakan Charger Mobil Listrik
5 Keuntungan Memilih Sistem Kredit Ketika Membeli Mobil Keluarga
Blackvue Perkenalkan Dashcam DR590X Plus 2025 dengan Fitur Terbaru di IIMS 2025
Royal Enfield Guerilla 450 Resmi Dirilis di IIMS 2025, Harga Mulai Rp149 Juta
Toyota Indonesia Gelar Beyond Zero: Dorong Mobilitas Ramah Lingkungan dan Netralitas Karbon
Ferrari Siap Rilis Mobil Listrik Pertamanya pada 2025, Tetap Usung Performa Khas Supercar
Hyundai Siap Hadirkan Ioniq 9 di Indonesia, Produksi Lokal Dimulai Tahun Depan

Berita Terkait

Saturday, 22 February 2025 - 09:15 WIB

Suzuki Hadirkan Jimny Adventure Experience di IIMS 2025, Tantang Pengunjung Uji Ketangguhan Off-Road

Wednesday, 19 February 2025 - 00:18 WIB

Harus Dihindari! Ini Dia Kesalahan Umum dalam Menggunakan Charger Mobil Listrik

Wednesday, 19 February 2025 - 00:10 WIB

5 Keuntungan Memilih Sistem Kredit Ketika Membeli Mobil Keluarga

Tuesday, 18 February 2025 - 09:03 WIB

Blackvue Perkenalkan Dashcam DR590X Plus 2025 dengan Fitur Terbaru di IIMS 2025

Friday, 14 February 2025 - 09:03 WIB

Royal Enfield Guerilla 450 Resmi Dirilis di IIMS 2025, Harga Mulai Rp149 Juta

Berita Terbaru

Disdukcapil Kota Serang

Advertorial

Disdukcapil Kota Serang, Layanan Administrasi Kependudukan Online

Saturday, 22 Feb 2025 - 16:38 WIB