Swarawarta.co.id – Yoka Brahma Putra, pengusaha asal Bandung yang dikenal dengan merek kain kafan Kafani, berhasil mencuri perhatian publik melalui pendekatan penjualan yang sangat kreatif dan unik.
Ia menciptakan konsep penjualan yang berbeda dengan menampilkan seorang pria yang mengenakan kain kafan dalam sesi live TikTok.
Konsep ini langsung viral sejak dimulai pada akhir Oktober 2024, menarik perhatian ribuan penonton dalam setiap siaran langsungnya.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Sebelum Yoka memulai siaran langsung, akun TikTok Kafani hanya memiliki sekitar 6.300 pengikut.
“Kenaikan signifikan, jadi pertama sebelum live followers di 6.300 sejak hari ini melonjak sampai 100 ribuan, signifikan,” kata Yoka dilansir dari detikJabar, Jumat (10/11/2024).
Namun, pada hari Jumat (8/11/2024) pengikutnya melonjak pesat hingga mencapai lebih dari 120.000 orang.
Tak hanya jumlah pengikut yang meningkat, konsep ini juga mendorong penonton untuk memberikan banyak “gift” atau saweran, meskipun Yoka enggan merinci jumlah pastinya.
Namun, ia mengungkapkan bahwa pada live yang keenam, hadiah yang diterimanya cukup signifikan.
“Buat yang ngasih gift banyak, dari enam kali live, live keenam gift-nya besar-besar,” ujarnya.
Untuk mewujudkan konsep penjualan ini, Yoka perlu mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membeli perlengkapan siaran.
Ia menyiapkan berbagai alat seperti smartphone, laptop, lighting, mikrofon, tripod, dan peralatan lainnya dengan total biaya sekitar Rp 10 juta.
Selain itu, Yoka juga menginvestasikan modal awal sekitar Rp 80 juta untuk membeli stok kain kafan yang akan dijual.