SwaraWarta.co.id – Kecerdasan verbal-linguistik merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, memahami, dan mengolah informasi. Dalam dunia pendidikan, kemampuan ini sangat penting, terutama dalam mata pelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa pada mata pelajaran membaca dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.
Artikel ini akan membahas tujuan, metode penelitian, hasil temuan, serta kesimpulan dari studi tersebut. Selain itu, artikel ini juga akan mengevaluasi penggunaan bahasa dalam abstrak penelitian serta memberikan saran kesimpulan yang lebih komprehensif.
Soal Lengkap:
This study aimed to describe seven indicators of students’ verbal linguistic intelligence in reading subject. It used a qualitative research method.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
The subjects of this study were 30 students consisted of 9 male and 21 female students. They took the reading subject in the second semester of the first year. They were given a test of verbal-linguistic intelligence.
Seven students were selected to be interviewed because they have verbal-linguistic intelligence and good communication. To find out the validity of the data, the researchers used triangulation of the test results and the results of interviews and triangulation of the second researcher and research assistants.
Furthermore, the data were analyzed using the content analysis method which consisted of three steps, they were data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification.
The results of the study show that there were seven indicators of verbal-linguistic intelligence of students in reading subject, first, having excellent initial knowledge in mentioning words, second, enjoying wordplay with Scrabble, third, entertaining themselves and other students by playing tongue twisters, fourth, explaining the meaning of the words written and discussed, fifth, having difficulties in mathematics lesson, sixth, their conversation refers to something they have read and heard, and the last, having the ability to write poetry based on personal experience.
Keywords: Indicator, verbal-linguistic intelligence, reading subject, transition period.
Diskusikanlah, bagaimana penggunaan bahasa dalam abstrak berbahasa Inggris di atas? Jika abstrak di atas akan ditambahi sebuah simpulan, bagaimana simpulan yang tepat menurut saudara? Silakan berikan pendapat Anda dengan memberikan alasan yang logis dan teori pendukung dari buku atau hasil penelitian.
Jawaban:
Deskripsi Penelitian
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca. Dengan demikian, penelitian ini membantu guru dan pendidik memahami lebih dalam mengenai kemampuan verbal-linguistik siswa.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menganalisis data dengan pendekatan analisis konten, yang melibatkan tiga langkah utama:
- Reduksi Data: Mengorganisir data yang relevan untuk penelitian.
- Penyajian Data: Menyusun data dalam bentuk yang mudah dipahami.
- Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi: Menentukan hasil akhir dari analisis data.
Penelitian ini melibatkan 30 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 21 perempuan. Para siswa mengikuti tes kecerdasan verbal-linguistik, dan tujuh siswa dipilih untuk diwawancarai berdasarkan kemampuan verbal-linguistik serta keterampilan komunikasi mereka.
Validitas Data
Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas data, yaitu:
- Triangulasi Hasil Tes dan Wawancara: Membandingkan hasil tes dan wawancara untuk keakuratan data.
- Triangulasi Peneliti: Melibatkan asisten penelitian untuk membandingkan hasil analisis.
Hasil Penelitian
Penelitian ini menemukan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca:
- Kemampuan Menyebutkan Kata: Siswa memiliki pengetahuan awal yang baik dalam menyebutkan kata.
- Kesukaan Bermain Kata: Siswa menikmati permainan kata seperti Scrabble.
- Hiburan dengan Twister Lidah: Siswa menghibur diri dan teman-temannya dengan permainan twister lidah.
- Pemahaman Makna Kata: Siswa mampu menjelaskan arti kata yang didiskusikan.
- Kesulitan dalam Matematika: Siswa cenderung mengalami kesulitan pada pelajaran matematika.
- Percakapan Berdasarkan Bacaan: Pembicaraan siswa sering merujuk pada sesuatu yang telah mereka baca atau dengar.
- Kemampuan Menulis Puisi: Siswa dapat menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi.
Analisis Penggunaan Bahasa dalam Abstrak
Penggunaan bahasa dalam abstrak penelitian ini cukup baik karena:
- Struktur Jelas: Abstrak mencakup tujuan, metode, hasil, dan kata kunci.
- Konsistensi: Kalimatnya konsisten dan sesuai dengan konteks penelitian.
- Keterbacaan: Penggunaan kalimat sederhana memudahkan pembaca memahami isi abstrak.
Namun, abstrak ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan simpulan eksplisit. Simpulan tersebut membantu pembaca memahami manfaat praktis dari penelitian.
Saran Kesimpulan
Jika abstrak di atas akan dilengkapi dengan simpulan, maka simpulan yang tepat adalah:
“Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan verbal-linguistik siswa sangat beragam dan dapat diidentifikasi melalui tujuh indikator utama. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik untuk meningkatkan pembelajaran membaca dengan memperhatikan kemampuan verbal-linguistik siswa secara individual.”
Kesimpulan
Penelitian ini berhasil menggambarkan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti memberikan analisis mendalam yang relevan untuk pengembangan strategi pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pentingnya memahami potensi verbal-linguistik siswa untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif.