(Part 1) 7 Trik Psikologis Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan. Apa Saja Itu?

- Redaksi

Saturday, 2 November 2024 - 06:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumber Foto: Freepik @rawpixel.com


Swarawarta.co.id – Menarik calon pembeli tidak melulu harus dilakukan dengan ajang promo yang gencar di media digital. Hal lain, semisal Psikologis Marketing juga bisa membantu meningkatkan penjualan produk yang kita jual.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT


Lantas, Psikologis Marketing itu seperti apa, sih? Psikologis Marketing adalah ilmu marketing yang mengkhususkan mempelajari kejiwaan atau psikologis saat membeli produk yang kita tawarkan.

Berikut 7 trik Psikologis yang bisa dilakukan dalam Digital Marketing. Seperti saja, kisa simak sama-sama:

1. Mempergunakan angka-angka yang bisa menarik perhatian calon pembeli. Biasanya angka 9 sering dipakai untuk trik seperti ini.

Bukan kebetulan atau asal tulis, saat penjual menetapkan harga untuk produknya tidak genap, atau cenderung ganjil, misal dengan produk yang dihargai dengan nilai nominal yang tidak lazim.

Nominal yang kadang bikin kita penasaran dan cenderung memastikan harga tersebut. Misal harga sebuah parfum Rp. 23.999,00 atau harga Roll on Rp. 7.999,00.

Calon pembeli mungkin akan lebih tertarik membeli barang tersebut bila disandingkan dengan produk sejenis yang harganya Rp. 24.000, 00 atau Rp. 8.000, 00, padahal bila dihitung-hitung produk tersebut nilainya akan sama saja hanya berselisih Rp. 1, 00 saja.

Ini yang disebut charm price dalam trik psikologi marketing.

Trik seperti ini bisa dikatakan efektif karena bisa memanipulasi pikiran para calon pembeli untuk menyebut produk tersebut jauh lebih murah padahal bila dihitung hanya berselisih sedikit saja.

Ini bisa jadi bahan perbandingan yang lumayan saat charm price dipakai dalam sebuah penjualan produk.

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Pinjam Uang di Aplikasi OVO Tanpa KTP

2. Membandingkan Harga Awal dengan Harga Setelah Didiskon

Harga diskon memang selalu membuat daya tarik luar biasa bagi calon pembeli di mana pun, harga yang jauh lebih murah setelah didiskon menjadi pertimbangan lain bagi para calon pemeli.

Trik diskon memang trik paling efektif dalan menarik calon pembeli agar bisa membeli produk kita dengan segera.

Hal ini adalah pancingan, karena pada dasarnya calon pembeli atau siapa pun jauh lebih bersemangat untuk membeli suatu produk ketika harganya diturunkan.

Padahal kadang harga diskonan sama harga normalnya biasanya adalah sama saja.

Penjual tentu saja tidak mau merugi, makanya sebelum produk didiskon biasanya harga dinaikan terlebih dahulu untuk kemudian didiskon.

Akan tetapi apa pun trik penjual, harga diskon adalah harga yang tidak bisa diabaikan.

Baca Juga :  Harry Tanoesoedibjo Serahkan Jabatan Ketua Umum Partai Pada Putrinya Angela Tanoesoedibjo

3. Penentuan Opsi Harga

Artinya dalam sebuah produk menggunakan opsi harga yang berbeda bisa juga digunakan untuk menarik calon pembeli.

Opsi harga bisa mempergunakan beberapa opsi, akan tetapi biasanya opsi yang digunakan jumlahnya ada tiga per produk.

Opsi yang dimaksud tentu saja sifatnya opsional dalam jumlah. Opsi ini bisa dikatakan efektif untuk menjaring calon pembeli.

Kita ambil contoh, dalam sebuah produk paketan ayam, kita akan mengenal istilah paket small, medium, atau large. Ini adalah opsi yang bisa dipilih oleh calon pembeli mana yang sesuai dengan kebutuhannya, anggaran yang ia punya, atau pertimbangan lainnya.

Harga small paket tentu saja akan berbeda dengan paket medium, begitupun dengan paket medium yang harga pastinya akan berbeda dengan paket ukuran large.

Ini juga termasuk Psikologis Marketing untuk menarik perhatian calon pembeli meski range harganya terpaut tidak terlalu jauh, biasanya orang akan lebih memilih opsi yang jauh lebih murah meski kalau dihitung-hitung secara matematis kita rugi, calon pembeli tidak akan mempermasalahkan hal seperti itu.

Itulah bagian pertama dari 7 trik psikologis marketing. Berikutnya di part kedua.

Pewarta: Utep 
Editor: Galih Sandy
COPYRIGHT © Swarawarta
Sumber: niagahoster.co.id

Berita Terkait

Harga Tiket Bus di Terminal Bekasi Naik, Pemudik Tetap Antusias Pulang Kampung
Lonjakan Penumpang Garuda Indonesia Saat Puncak Mudik Lebaran 2025 Capai 81 Ribu Orang
Jasa Marga Buka Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo, Perjalanan Mudik Lebih Lancar!
Blibli Pay Day Kembali! Diskon Hingga 50% dan Cashback Rp500 Ribu Jelang Idul Fitri
136 Pilot dan Pramugari di Bandara Soekarno-Hatta Jalani Tes Urin, Hasilnya Negatif Narkoba
KCIC Pastikan Kru Kereta Cepat Whoosh Sehat dan Siap Melayani Penumpang
Bandara Juanda Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran pada 28 Maret 2025, Penumpang Naik 12 Persen
Pemerintah Batasi Angkutan Barang di Jawa Timur pada 24 Maret – 8 April 2025, Ini Rinciannya!

Berita Terkait

Saturday, 29 March 2025 - 08:35 WIB

Harga Tiket Bus di Terminal Bekasi Naik, Pemudik Tetap Antusias Pulang Kampung

Saturday, 29 March 2025 - 08:31 WIB

Lonjakan Penumpang Garuda Indonesia Saat Puncak Mudik Lebaran 2025 Capai 81 Ribu Orang

Wednesday, 26 March 2025 - 09:13 WIB

Jasa Marga Buka Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo, Perjalanan Mudik Lebih Lancar!

Wednesday, 26 March 2025 - 09:08 WIB

Blibli Pay Day Kembali! Diskon Hingga 50% dan Cashback Rp500 Ribu Jelang Idul Fitri

Tuesday, 25 March 2025 - 09:11 WIB

136 Pilot dan Pramugari di Bandara Soekarno-Hatta Jalani Tes Urin, Hasilnya Negatif Narkoba

Berita Terbaru

Tol Cipali (Dok. Ist)

Berita

Hari Kedua Idul Fitri, Arus Mudik di Tol Cipali Masih Padat

Tuesday, 1 Apr 2025 - 10:01 WIB

Torino Tahan Lazio (Dok. Ist)

Olahraga

Torino Tahan Lazio 1-1, Upaya ke Zona Eropa Tersendat

Tuesday, 1 Apr 2025 - 09:55 WIB