(Part 1) 7 Trik Psikologis Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan. Apa Saja Itu?

- Redaksi

Saturday, 2 November 2024 - 06:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumber Foto: Freepik @rawpixel.com


Swarawarta.co.id – Menarik calon pembeli tidak melulu harus dilakukan dengan ajang promo yang gencar di media digital. Hal lain, semisal Psikologis Marketing juga bisa membantu meningkatkan penjualan produk yang kita jual.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT


Lantas, Psikologis Marketing itu seperti apa, sih? Psikologis Marketing adalah ilmu marketing yang mengkhususkan mempelajari kejiwaan atau psikologis saat membeli produk yang kita tawarkan.

Berikut 7 trik Psikologis yang bisa dilakukan dalam Digital Marketing. Seperti saja, kisa simak sama-sama:

1. Mempergunakan angka-angka yang bisa menarik perhatian calon pembeli. Biasanya angka 9 sering dipakai untuk trik seperti ini.

Bukan kebetulan atau asal tulis, saat penjual menetapkan harga untuk produknya tidak genap, atau cenderung ganjil, misal dengan produk yang dihargai dengan nilai nominal yang tidak lazim.

Nominal yang kadang bikin kita penasaran dan cenderung memastikan harga tersebut. Misal harga sebuah parfum Rp. 23.999,00 atau harga Roll on Rp. 7.999,00.

Calon pembeli mungkin akan lebih tertarik membeli barang tersebut bila disandingkan dengan produk sejenis yang harganya Rp. 24.000, 00 atau Rp. 8.000, 00, padahal bila dihitung-hitung produk tersebut nilainya akan sama saja hanya berselisih Rp. 1, 00 saja.

Ini yang disebut charm price dalam trik psikologi marketing.

Trik seperti ini bisa dikatakan efektif karena bisa memanipulasi pikiran para calon pembeli untuk menyebut produk tersebut jauh lebih murah padahal bila dihitung hanya berselisih sedikit saja.

Ini bisa jadi bahan perbandingan yang lumayan saat charm price dipakai dalam sebuah penjualan produk.

Baca Juga :  Peluang Karir di PT Rajawali Karya Perkasa: Posisi Akuntansi dan Keuangan

2. Membandingkan Harga Awal dengan Harga Setelah Didiskon

Harga diskon memang selalu membuat daya tarik luar biasa bagi calon pembeli di mana pun, harga yang jauh lebih murah setelah didiskon menjadi pertimbangan lain bagi para calon pemeli.

Trik diskon memang trik paling efektif dalan menarik calon pembeli agar bisa membeli produk kita dengan segera.

Hal ini adalah pancingan, karena pada dasarnya calon pembeli atau siapa pun jauh lebih bersemangat untuk membeli suatu produk ketika harganya diturunkan.

Padahal kadang harga diskonan sama harga normalnya biasanya adalah sama saja.

Penjual tentu saja tidak mau merugi, makanya sebelum produk didiskon biasanya harga dinaikan terlebih dahulu untuk kemudian didiskon.

Akan tetapi apa pun trik penjual, harga diskon adalah harga yang tidak bisa diabaikan.

Baca Juga :  Dubes Kazakhstan untuk Indonesia Jalin Kerjasama untuk Mempererat Hubungan Bisnis

3. Penentuan Opsi Harga

Artinya dalam sebuah produk menggunakan opsi harga yang berbeda bisa juga digunakan untuk menarik calon pembeli.

Opsi harga bisa mempergunakan beberapa opsi, akan tetapi biasanya opsi yang digunakan jumlahnya ada tiga per produk.

Opsi yang dimaksud tentu saja sifatnya opsional dalam jumlah. Opsi ini bisa dikatakan efektif untuk menjaring calon pembeli.

Kita ambil contoh, dalam sebuah produk paketan ayam, kita akan mengenal istilah paket small, medium, atau large. Ini adalah opsi yang bisa dipilih oleh calon pembeli mana yang sesuai dengan kebutuhannya, anggaran yang ia punya, atau pertimbangan lainnya.

Harga small paket tentu saja akan berbeda dengan paket medium, begitupun dengan paket medium yang harga pastinya akan berbeda dengan paket ukuran large.

Ini juga termasuk Psikologis Marketing untuk menarik perhatian calon pembeli meski range harganya terpaut tidak terlalu jauh, biasanya orang akan lebih memilih opsi yang jauh lebih murah meski kalau dihitung-hitung secara matematis kita rugi, calon pembeli tidak akan mempermasalahkan hal seperti itu.

Itulah bagian pertama dari 7 trik psikologis marketing. Berikutnya di part kedua.

Pewarta: Utep 
Editor: Galih Sandy
COPYRIGHT © Swarawarta
Sumber: niagahoster.co.id

Berita Terkait

Pemerintah Awasi Harga Pangan Ramadan, Pengusaha Dilarang Naikkan Harga Sembarangan
Roemah Coklat: Dua Dekade Memaniskan Hidup dengan Cokelat Artisan
Menjelang Ramadan 2025, Harga Daging Ayam, Cabai, dan Wortel di Kota Batu Naik
Tukar Minyak Jelantah Jadi Uang! Alfamart Beri Rp6.000 per Liter
BI Siapkan Rp180,9 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Ramadan dan Idul Fitri 2025
Kementan Perkuat Kelembagaan Petani untuk Pertanian yang Lebih Maju
Shopee Kembali Jadi Brand Terbaik di Indonesia Versi YouGov 2025
Jaga Kesejahteraan Petani, Pemerintah Tetapkan HPP Gabah Rp6.500 per Kg

Berita Terkait

Saturday, 22 February 2025 - 09:12 WIB

Pemerintah Awasi Harga Pangan Ramadan, Pengusaha Dilarang Naikkan Harga Sembarangan

Saturday, 22 February 2025 - 09:01 WIB

Roemah Coklat: Dua Dekade Memaniskan Hidup dengan Cokelat Artisan

Friday, 21 February 2025 - 08:42 WIB

Menjelang Ramadan 2025, Harga Daging Ayam, Cabai, dan Wortel di Kota Batu Naik

Thursday, 20 February 2025 - 20:16 WIB

Tukar Minyak Jelantah Jadi Uang! Alfamart Beri Rp6.000 per Liter

Thursday, 20 February 2025 - 20:14 WIB

BI Siapkan Rp180,9 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Ramadan dan Idul Fitri 2025

Berita Terbaru

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Pendidikan

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Baik dan Benar

Saturday, 22 Feb 2025 - 14:17 WIB