Swarawarta.co.id – Seiring perkembangan jaman yang kian modern, persaingan bisnis di media konvensional mulai tersisih dengan adanya ekspansi besar-besaran media digital.
Keberadaan media digital sangat dibutuhkan di era ini bagi perusahaan mana pun dengan bisnis bidang apa pun untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang diproduksinya.
ADVERTISEMENT
.
SCROLL TO RESUME CONTENT
Oleh sebab itu personal yang cakap dalam bidang digital marketing akan sangat dicari perusahaan mana pun untuk direkrut menjadi bagian dari perusahaan.
Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang digital marketer agar upaya digital marketingnya bisa mendapatkan hasil yang optimal.
Hal yang dimaksud berupa strategi atau trik pasar yang bisa dilakukan dalam upaya digital marketing yang bisa bersaing dengan perusahaan lain.
Banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan yang memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan profit usahanya, di antaranya:
1. Bisa menjangkau pasar yang sangat luas, mengingat layanan informasi berbasis media internat sudah menjangkau seluruh wilayah baik lokal maupun luar negeri.
2. Pemakaian biaya digital marketing jauh lebih murah dan sederhana dibanding digital marketing konvensional.
Adapun strategi yang bisa dibilang efektif yang bisa dicoba dalam meningkatan kinerja digital marketing perusahaan adalah seperti di bawah ini:
1. Menerapkan sistem SEO
Merupakan sistem pengoptimalan halaman pencari di mesin pencari google atau dengan kata lain Search Engine Optimization on Google Search.
Hal ini perlu dilakukan agar upaya digital marketing kita bisa ditampilkan di halaman pertama mesin pencari. Dengan berada di halaman pertama setidaknya produk yang kita tampilkan akan dilihat calon konsumen diurutan paling atas.
Dan biasanya urutan paling atas berpotensi untuk di-klik para pengguna saat melakukan pencarian.
Ada banyak trik yang bisa dilakukan digital marketing dalam pengoptimalan penerapan SEO untuk produknya, misalnya dengan penggunaan keyword yang spesifik, menyematkan tautan dari satu halaman ke halaman lain baik berupa internal tautan maupun back tautan, mempergunakan tools tambahan semisal google analytic.
2. Memanfaatkan Pay-Per-Click Advertising
Atau model pemasaran internet di mana advertising atau pengiklan membayar biaya setiap kali ada iklan yang berhasil di-klik oleh pengguna media digital.
Iklan ini muncul setelah mendapat persetujuan langsung dari pihak google adsense. Ini strategi digital marketing yang paling efektif untuk mendapatkan nilai prophit berdasar klik para pengguna media digital.
3. Content Marketing
Atau media pendukung sebagai bentuk produk yang ditampilkan kepada pengguna media digital sebagai bentuk informasi apa saja yang kita tawarkan kepada para pengguna.
Content yang dimaksud bisa berupa video, artikel blog, infografis, dan lain sebagainya dalam bentuk dan susunan semenarik mungkin agar pengguna tertarik.
4. Memanfaatkan Sosial Media Marketing
Di era virtual seperti sekarang ini, keberadaan media sosial memiliki banyak fungsi selain sekadar berinteraksi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.
Media sosial bisa juga digunakan sebagai media pemasaran produk kita, selain karena interaksi yang bisa dilakukan langsung meski berada di tempat yang jauh, juga sangat efektif untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas lagi.
Media sosial pada jaman sekarang adalah tempat orang untuk berjualan produk, kredit investasi, juga iklan komersil, dan yang lain-lainnya.
Oleh karena itu pemanfaatan media sosial semisal Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya untuk digital marketing mutlak dibutuhkan.
Dari strategis-strategis di atas tentu saja butuh penerapan yang efektif dan jitu agar hasilnya bisa memuaskan. Ada beberapa penerapan yang bisa jadi penunjang keberhasilan strategis di atas, yakni:
– Penentuan tujuan yang tepat sasaran. Ini mutlak diperlukan agar strategis tidak menyimpang ke mana-mana.
– Sebelum memulai strategis realisasi digital marketingnya harus dilakukan riset terlebih dahulu dengan sangat mendalam, agar bisa tepat sesuai pangsa pasar yang dibidik.
– Pengumpulan data audiens atau pengguna media digital yang akan kita tuju. Ini dilakukan agar perusahaan tidak salah melepas produk ke konsumen yang bukan pasarnya.
– Memahami digital marketing funnel, atau proses atau tahap demi tahap dari sebuah produk dari mulai pengenalan hingga menjadi costumer atau langganan.
– Membuat Conten Planning
– Analisis serta evaluasi, hal ini tentu saja bertujuan untuk mengetahui seberapa baik atau tidaknya atau diterima tidaknya produk kita diterima pengguna.
Itulah informasi seputar dunia digital matketing yang harus dipahami banyak orang ketika memutuskan untuk terjun di dunia bisnis digital.
Pewarta: Utep
Editor: Galih Sandy
COPYRIGHT © Swarawarta
Sumber: mailchimp.com