Meraih Sukses di Era Virtual: Rahasia Strategi Digital Marketing yang Berhasil

- Redaksi

Saturday, 2 November 2024 - 07:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy



Swarawarta.co.id – Seiring perkembangan jaman yang kian modern, persaingan bisnis di media konvensional mulai tersisih dengan adanya ekspansi besar-besaran media digital.

Keberadaan media digital sangat dibutuhkan di era ini bagi perusahaan mana pun dengan bisnis bidang apa pun untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang diproduksinya.


ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Oleh sebab itu personal yang cakap dalam bidang digital marketing akan sangat dicari perusahaan mana pun untuk direkrut menjadi bagian dari perusahaan.


Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang digital marketer agar upaya digital marketingnya bisa mendapatkan hasil yang optimal.


Hal yang dimaksud berupa strategi atau trik pasar yang bisa dilakukan dalam upaya digital marketing yang bisa bersaing dengan perusahaan lain.


Banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan yang memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan profit usahanya, di antaranya:


1. Bisa menjangkau pasar yang sangat luas, mengingat layanan informasi berbasis media internat sudah menjangkau seluruh wilayah baik lokal maupun luar negeri.


2. Pemakaian biaya digital marketing jauh lebih murah dan sederhana dibanding digital marketing konvensional.


Adapun strategi yang bisa dibilang efektif yang bisa dicoba dalam meningkatan kinerja digital marketing perusahaan adalah seperti di bawah ini:


Baca Juga :  6 Manfaat Perencanaan Keuangan bagi Perusahaan

1. Menerapkan sistem SEO

Merupakan sistem pengoptimalan halaman pencari di mesin pencari google atau dengan kata lain Search Engine Optimization on Google Search.


Hal ini perlu dilakukan agar upaya digital marketing kita bisa ditampilkan di halaman pertama mesin pencari. Dengan berada di halaman pertama setidaknya produk yang kita tampilkan akan dilihat calon konsumen diurutan paling atas.


Dan biasanya urutan paling atas berpotensi untuk di-klik para pengguna saat melakukan pencarian.


Ada banyak trik yang bisa dilakukan digital marketing dalam pengoptimalan penerapan SEO untuk produknya, misalnya dengan penggunaan keyword yang spesifik, menyematkan tautan dari satu halaman ke halaman lain baik berupa internal tautan maupun back tautan, mempergunakan tools tambahan semisal google analytic.


2. Memanfaatkan Pay-Per-Click Advertising

Atau model pemasaran internet di mana advertising atau pengiklan membayar biaya setiap kali ada iklan yang berhasil di-klik oleh pengguna media digital.


Iklan ini muncul setelah mendapat persetujuan langsung dari pihak google adsense. Ini strategi digital marketing yang paling efektif untuk mendapatkan nilai prophit berdasar klik para pengguna media digital.



Baca Juga :  Peluang Berkarir di PT Jawa Satu Power: Posisi Document Controller September 2024

3. Content Marketing

Atau media pendukung sebagai bentuk produk yang ditampilkan kepada pengguna media digital sebagai bentuk informasi apa saja yang kita tawarkan kepada para pengguna.


Content yang dimaksud bisa berupa video, artikel blog, infografis, dan lain sebagainya dalam bentuk dan susunan semenarik mungkin agar pengguna tertarik.


4. Memanfaatkan Sosial Media Marketing

Di era virtual seperti sekarang ini, keberadaan media sosial memiliki banyak fungsi selain sekadar berinteraksi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.


Media sosial bisa juga digunakan sebagai media pemasaran produk kita, selain karena interaksi yang bisa dilakukan langsung meski berada di tempat yang jauh, juga sangat efektif untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas lagi.


Media sosial pada jaman sekarang adalah tempat orang untuk berjualan produk, kredit investasi, juga iklan komersil, dan yang lain-lainnya.


Oleh karena itu pemanfaatan media sosial semisal Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya untuk digital marketing mutlak dibutuhkan.


Dari strategis-strategis di atas tentu saja butuh penerapan yang efektif dan jitu agar hasilnya bisa memuaskan. Ada beberapa penerapan yang bisa jadi penunjang keberhasilan strategis di atas, yakni:


– Penentuan tujuan yang tepat sasaran. Ini mutlak diperlukan agar strategis tidak menyimpang ke mana-mana.


– Sebelum memulai strategis realisasi digital marketingnya harus dilakukan riset terlebih dahulu dengan sangat mendalam, agar bisa tepat sesuai pangsa pasar yang dibidik.


– Pengumpulan data audiens atau pengguna media digital yang akan kita tuju. Ini dilakukan agar perusahaan tidak salah melepas produk ke konsumen yang bukan pasarnya.


– Memahami digital marketing funnel, atau proses atau tahap demi tahap dari sebuah produk dari mulai pengenalan hingga menjadi costumer atau langganan.


– Membuat Conten Planning


– Analisis serta evaluasi, hal ini tentu saja bertujuan untuk mengetahui seberapa baik atau tidaknya atau diterima tidaknya produk kita diterima pengguna.


Itulah informasi seputar dunia digital matketing yang harus dipahami banyak orang ketika memutuskan untuk terjun di dunia bisnis digital.

Baca Juga :  Masih Belum Stabil, Saham GoTo Langsung Terkena Profit Taking

Pewarta: Utep 
Editor: Galih Sandy
COPYRIGHT © Swarawarta
Sumber: mailchimp.com

Berita Terkait

Rupiah Menguat di Tengah Tekanan Dolar AS: Analisis Pergerakan Pasar
Bukalapak Resmi Tutup Marketplace, Fokus pada Produk Digital untuk Masa Depan
Cara Melakukan Analisis SWOT dalam Penyusunan Strategi Perusahaan
7 Cara Berjualan di Shopee Khusus untuk Pemula: Panduan Lengkap untuk Sukses di Usia Muda
Gregory Hendra Lembong: Kandidat Kuat Direktur Utama Baru BCA
Pepe Coin: Kandidat Raja Meme Coin yang Mulai Bangkit di Tengah Volatilitas Pasar Crypto
Bonavie: Parfum Lokal Berkualitas Global yang Sukses Meningkatkan Penjualan di Shopee
Suksesnya IPO PT Adaro Andalan Indonesia Tbk. di Bursa Efek Indonesia

Berita Terkait

Friday, 10 January 2025 - 19:14 WIB

Rupiah Menguat di Tengah Tekanan Dolar AS: Analisis Pergerakan Pasar

Wednesday, 8 January 2025 - 18:46 WIB

Bukalapak Resmi Tutup Marketplace, Fokus pada Produk Digital untuk Masa Depan

Wednesday, 1 January 2025 - 20:00 WIB

Cara Melakukan Analisis SWOT dalam Penyusunan Strategi Perusahaan

Wednesday, 1 January 2025 - 17:56 WIB

7 Cara Berjualan di Shopee Khusus untuk Pemula: Panduan Lengkap untuk Sukses di Usia Muda

Wednesday, 18 December 2024 - 19:26 WIB

Gregory Hendra Lembong: Kandidat Kuat Direktur Utama Baru BCA

Berita Terbaru

Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Anda Ketahui

Lifestyle

Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Anda Ketahui

Saturday, 18 Jan 2025 - 17:14 WIB

Cara Menemukan HP yang Hilang

Teknologi

6 Cara Menemukan HP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Saturday, 18 Jan 2025 - 16:35 WIB