SwaraWarta.co.id – Ujian Nasional (UN) telah lama menjadi bagian integral dari sistem pendidikan di Indonesia.
Namun, seiring dengan berkembangnya tantangan dan dinamika dunia pendidikan, ada wacana untuk mengembalikan ujian ini dengan format yang lebih relevan dan sesuai dengan kondisi pendidikan saat ini.
Dalam beberapa diskusi yang berkembang, muncul perdebatan tentang apakah Ujian Nasional yang lama masih efektif, ataukah perlu adanya perubahan yang lebih sesuai dengan kebutuhan zaman.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Salah satu alasan utama mengapa Ujian Nasional perlu dievaluasi adalah tantangan besar yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia.
Ujian ini seringkali dianggap terlalu menekankan pada hasil yang bersifat kognitif semata, padahal pendidikan yang baik seharusnya lebih mengutamakan pembentukan karakter dan keterampilan praktis siswa.
Dengan sistem yang terlalu berfokus pada ujian, siswa menjadi tertekan dan hanya berorientasi pada nilai ujian, bukan pada pemahaman dan keterampilan yang dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, banyak yang mengkritik Ujian Nasional karena ketidakmerataan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.
Wilayah yang lebih maju memiliki akses ke fasilitas yang lebih baik, sementara daerah-daerah terpencil atau kurang berkembang seringkali kesulitan dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.
Ketimpangan ini membuat hasil UN tidak selalu mencerminkan kemampuan nyata para siswa.
Seiring dengan perdebatan ini, ada dorongan untuk mengubah format Ujian Nasional agar lebih relevan dengan perkembangan zaman.
Salah satu usulan adalah memodifikasi ujian agar lebih berbasis pada kompetensi, yaitu mengukur kemampuan siswa dalam hal pemecahan masalah, kreativitas, dan penerapan pengetahuan, bukan sekadar menghafal informasi.
Ujian berbasis kompetensi ini akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mampu menerapkan pengetahuan dalam konteks yang lebih luas.
Selain itu, sistem penilaian juga bisa diperbaharui dengan melibatkan berbagai aspek, termasuk evaluasi berbasis portofolio, yang mencakup hasil karya, proyek, dan tes praktis.
Dengan pendekatan ini, hasil ujian bisa menjadi gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan siswa, bukan hanya berdasarkan pada ujian tertulis yang dilaksanakan dalam waktu singkat.
Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka, sistem ujian nasional yang baru juga perlu disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis pada minat serta bakat siswa.
Kurikulum ini mendorong pembelajaran yang lebih personal dan terfokus pada pengembangan kemampuan individu, sehingga ujian pun harus mampu mengakomodasi perkembangan tersebut.
Jika ujian nasional kembali diterapkan dengan model yang lebih sesuai dengan Kurikulum Merdeka, ujian tersebut tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai alat untuk membantu siswa memahami potensi dan kemampuan mereka secara lebih mendalam.
Di sisi lain, penerapan sistem ujian yang lebih berbasis kompetensi akan membantu mengurangi tekanan yang biasanya dihadapi oleh siswa dalam menghadapi ujian besar seperti Ujian Nasional yang konvensional.
Namun, mengembalikan Ujian Nasional dengan model baru tentu bukan tanpa tantangan.
Salah satu tantangan utama adalah kesiapan infrastruktur dan pelatihan bagi pendidik.
Agar model ujian baru ini dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan kesiapan teknologi yang memadai, serta peningkatan kapasitas guru dalam mengadaptasi metode pengajaran yang lebih berbasis pada keterampilan dan kompetensi.
Selain itu, pemerintah perlu memastikan bahwa ujian nasional yang baru tidak memperburuk ketimpangan kualitas pendidikan antar daerah.
Diskusi tentang kemungkinan mengembalikan Ujian Nasional dengan format dan model baru membuka peluang untuk melakukan reformasi besar dalam sistem pendidikan Indonesia.
Dengan pendekatan yang lebih berbasis kompetensi dan relevansi dengan Kurikulum Merdeka, Ujian Nasional bisa menjadi alat evaluasi yang lebih efektif, tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi sistem pendidikan itu sendiri.
Meskipun demikian, untuk mewujudkan perubahan ini, diperlukan persiapan yang matang baik dari segi infrastruktur, kebijakan, maupun pelatihan bagi pendidik.
Oleh karena itu, perubahan dalam ujian nasional harus dilakukan secara hati-hati agar dapat memenuhi tujuan peningkatan kualitas pendidikan yang lebih inklusif dan menyeluruh.***