SwaraWarta.co.id – KAI Daop 8 Surabaya kini menyediakan fasilitas water station gratis bagi penumpang kereta api.
Ini merupakan langkah untuk mendukung prinsip Environment, Social, Governance (ESG) dengan mengurangi penggunaan botol plastik dan berkontribusi pada pencapaian net zero emission.
Menurut Luqman Arif, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, water station ini tersedia di berbagai stasiun di wilayah mereka.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Tersedianya water station ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta bagian dari inisiatif KAI Daop 8 Surabaya untuk mendukung gaya hidup sehat di kalangan pelanggan. Para pelanggan jasa moda transportasi kereta api dapat menikmati air minum yang aman dikonsumsi dan berkualitas secara gratis, sambil membentuk kebiasaan baik dengan membawa botol minum sendiri,” kata Luqman, Minggu (13/10).
Mulai Oktober 2024, KAI Daop 8 Surabaya telah menyediakan 14 unit water station di empat stasiun: 6 unit di Stasiun Surabaya Gubeng, 5 unit di Stasiun Surabaya Pasar Turi, 2 unit di Stasiun Malang, dan 1 unit di Stasiun Sepanjang.
Luqman menambahkan, penggunaan water station ini memberikan berbagai manfaat, termasuk kemudahan untuk mendapatkan air minum bersih dan aman, serta menjaga hidrasi selama perjalanan.
Air yang disediakan telah teruji oleh Water Quality Laboratory (WQL) yang dikelola oleh Coway dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sesuai dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan.
Hasil uji lab menunjukkan bahwa air yang dihasilkan memenuhi 20 parameter standar baku mutu, serta telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
Parameter yang diuji meliputi mikrobiologi (seperti E. Coli dan Total Bakteri Coliform), fisik (seperti suhu dan kekeruhan), dan kimia (termasuk nitrat, mangan, dan arsen).
Dengan adanya water station ini, KAI Daop 8 Surabaya berharap para penumpang lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan membawa tumbler. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik dari botol minuman sekali pakai.
“Kami mengajak seluruh pelanggan KA untuk memanfaatkan fasilitas water station ini dengan bijak, mendukung gaya hidup sehat, dan turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. KAI Daop 8 Surabaya bertekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan transportasi tetapi juga berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya.