Wajib Tahu! Inilah Doa agar Kita Terhindar dari Terlilit Utang

Avatar

- Redaksi

Saturday, 14 September 2024 - 23:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Doa Agar Terhindar dari Terlilit Utang.Doc.lst

Doa Agar Terhindar dari Terlilit Utang.Doc.lst

SwaraWarta.co.id- Manusia sebagai makhluk sosial pasti pernah melakukan transaksi utang piutang minimal sekali dalam hidup. Melakukan utang atau piutang merupakan hal yang wajar, dan dapat menjadi bentuk saling tolong-menolong dalam kehidupan. Namun yang menjadi persoalan adalah ketika kita mempunyai utang dengan jumlah yang melebihi kemampuan membayar kita.

Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran dan kehati-hatian dalam melaksanakan transaksi ini. Selain dengan cara lahiriah, kita dapat melakukan usaha batiniah seperti berdoa kepada Allah Swt.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Doa Agar Terhindar dari Terlilit Utang

Mengutip buku Ada Orang Utang oleh Ammi Nur Baits, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa agar dijauhkan dari utang. Doa ini juga bisa dipanjatkan agar dimudahkan membayar utang.

1. Doa agar Tidak Terlilit Utang

Berikut ini doa agar tidak terlilit utang yang diajarkan Rasulullah saw. Doa ini dapat dibaca sebagai zikir pagi dan sore.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Baca Juga :  Doa agar Allah SWT Menutup Aib Kita, Amalkan Pagi dan Sore Hari

2. Doa Minta Perlindungan dari Utang dan Dosa

Rasulullah mengajarkan doa agar diberi perlindungan dari utang dan tindakan dosa, seperti diriwayatkan dalam Hadits Bukhari nomor 5891.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَالْهَرَمِ، وَالْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ عَنِّي خَطَايَاىَ بِمَاءِ الثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّ قَلْبِي مِنَ الْخَطَايَا، كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَبَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

 Allahumma inni A’uudzubika minal kasali wal harami wal ma’tsami wal maghrami wamin fitnatil qabri wa’adzaabil qabri wamin fitnatin naari wa’azaabin naari wamin syarri fitnatil ghina wa a’uudzubika minal fitnatil faqri wa a’uudzubika min fitnatil masiyhid dajjal, allahummaghsil ‘annii khathaayaya bimaais salji walbaradi wanaqqi qalbi minal khthaayaya kamaa naqqaitats tsaubal abyadho minad danas wabaa’id baini wabaina khathaayaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghribi

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, kepikunan, kesalahan dan terlilit hutang, dan dari fitnah kubur serta siksa kubur, dan dari fitnah neraka dan siksa neraka dan dari buruknya fitnah kekayaan dan aku berlindung kepada-Mu dari buruknya fitnah kefakiran serta aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al Masih Ad Dajjal. Ya Allah, bersihkanlah kesalahan-kesalahanku dengan air salju dan air embun, sucikanlah hatiku dari kotoran-kotoran sebagaimana Engkau menyucikan baju yang putih dari kotoran. Dan jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat.”

Baca Juga :  Keluarga Korban Pesawat Latih, Sambangi RS Polri

3. Doa agar Selalu Dicukupkan

Dikisahkan dari Ali bin Abi Thalib, bahwa ada seorang budak mukatab yang mendatangi beliau. Budak ini berkata bahwa dia tidak sanggup melunasi cicilan tanggungan utang, maka dia meminta bantuan kepada Ali.

Ali pun berkata: “Maukah kuajarkan beberapa kalimat yang pernah diajarkan Rasulullah SAW, Andaikan engkau memiliki utang sebesar gunung Tsabir, maka Allah akan membantu melunasinya. Bacalah: Allahummak finii bi balaalika…dst.” (HR Ahmad dan Tarmidzi).

Doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selainMu.”

4. Doa Dibebaskan dari Utang dan Diberi Kebahagiaan

Doa lain yang bisa dibaca adalah doa agar dibebaskan dari hutang dan dicukupkan dari kemelaratan, serta diberi kebahagiaan.

اللَّهُمَّ فَالِقَ الْإِصْبَاحِ، وَجَاعِلَ اللَّيْلَ سَكَنًا، وَالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ حُسْبَانًا اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ، وَامْتَعْنَا بِسَمْعِ وَبَصَرِنَا، وَقُوَّتِنَا فِي سَبِيلِكَ

Baca Juga :  Doa Agar Dagangan Selalu Berkah: Memohon Keberkahan dari Allah dalam Usaha

Allaahumma faaliqol ishbaahi wa ja’ilal laili sakanan, wasy syamsi wal qamari husbaanan iqdhii annad daina, wa aghnina minal faqri, wa imta’naa bisam’ii wa bashari naa, wa quwwati naa fii sabiilika.

Artinya: “Ya Allah, Zat yang menampakkan cahaya subuh, yang menjadikan malam sebagai waktu tenang, dan (yang menjadikan) matahari dan rembulan berjalan dengan hitungan tertentu, bebaskanlah utang dari diriku, cukupkanlah aku dari kemelaratan, dan bahagiakan aku dengan pendengaranku, pandanganku, dan kekuatanku dalam jalan-Mu.”

5. Doa Minta Perlindungan dari Dosa dan Utang

Dilansir dari laman Muhammadiyah, sebuah hadits dari ‘Urwah, ‘Aisyah ra mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah SAW berdo’a dalam sholat untuk meminta perlindungan dari utang.

Seseorang lantas bertanya: “Mengapa engkau banyak meminta perlindungan dari utang, ya Rasulullah?” Beliau menjawab: “Sesungguhnya seseorang apabila sedang berutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering tidak menepatinya”. (HR Bukhari).

Berikut ini bacaan doa minta perlindungan dari dosa dan utang:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahuma innii a’uudzubika minal ma’tsami wal maghram

Artinya: Ya Allah aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan terlilit hutang.

Bacaan doa agar terhindar dari utang ini tentu bisa menjadi solusi bagi semua muslim yang ahrus segera melunasi kewajibannya. Selain berdoa, tiap muslim juga wajib berusaha sekeras mungkin dengan cara yang halal untuk membayar utangnya.

Penulis : Vahira Mona Luthfita, Jurnalis Magang

Berita Terkait

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik
Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian
Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan
Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan
Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh
Doa Pengantin Pria untuk Calon Istri: Memohon Kebaikan dan Perlindungan
Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru
Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan
Tag :

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 23:57 WIB

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 September 2024 - 22:50 WIB

Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian

Thursday, 19 September 2024 - 22:44 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:37 WIB

Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:30 WIB

Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh

Berita Terbaru

Doa ketika mimpi buruk.Doc.lst

Berita

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 Sep 2024 - 23:57 WIB