Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Avatar

- Redaksi

Wednesday, 14 August 2024 - 22:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penyebab bibir hitam dan cara mengatasinya.Doc

Penyebab bibir hitam dan cara mengatasinya.Doc

SwaraWarta.co.id-Kesehatan kulit mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit bibir. Tidak seperti bagian kulit lainnya, bibir hanya tersusun atas 3–5 lapisan. Hal ini membuat kulit bibir lebih tipis, halus, dan sensitif. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab bibir hitam, di antaranya dalah lingkungan, kesehatan, dan juga gaya hidup.

Kulit bibir lebih rentan mengalami kekeringan dan perubahan warna. Namun, jika perubahan warna yang dialami berupa bercak hitam atau bintik hitam, kondisi ini perlu diwaspadai.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baca Juga:Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bibir Hitam

Ada banyak penyebab bibir hitam yang kerap kita lakukan tanda sengaja, berikut merupakan penyebab bibir hitam yang wajib kalian ketahui.

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan terlalu sering mengonsumsi alkohol bisa jadi penyebab bibir kering dan hitam. Hal tersebut karena reaksi zat asam di dalam alkohol dan juga efek alkohol yang bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan berdampak pada bibir kering dan pecah-pecah lalu menghitam.

Selain konsumsi alkohol, kebiasaan merokok juga menjadi penyebab bibir terlihat hitam karena zat nikotin dan benzpyrene memicu produksi melanin di kulit yang membuat bibir jadi lebih gelap.

2. Kafein Berlebih

Terlalu sering mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein tinggi, seperti kopi juga bisa jadi penyebab bibir kering dan hitam.  Sama seperti mengonsumsi alkohol, asupan kafein berlebih bisa mengakibatkan dehidrasi dan membuat bibir kering hingga menghitam.

3. Hiperpigmentasi

Produksi melanin berlebih atau hiperpigmentasi bisa jadi penyebab bibir menghitam. Salah satu penyebab hiperpigmentasi adalah efek buruk sinar UV akibat sering terpapar matahari tanpa menggunakan pelembap bibir yang mengandung SPF 30.

Baca Juga :  Ojol Mogok Kerja di Jabodetabek

4. Memakai Produk yang Kedaluwarsa

Pastikan untuk menggunakan produk perawatan dan makeup bibir yang berkualitas dan masa pemakaiannya belum expired. Sebab produk untuk bibir, seperti lipstik yang sudah melewati masa kedaluwarsa, memiliki formula kompleks yang dapat memicu reaksi alergi dan bibir kering serta jadi penyebab bibir hitam pada wanita.

5. Kebiasaan Menggigit Bibir

Kalau punya kebiasaan tanpa sadar kerap menggigit dan menjilati bibir, sebaiknya hindari dari sekarang. Sejumlah ahli menyebutkan bahwa kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah serta memicu pigmentasi dan jadi  penyebab bibir atas hitam.

6. Kurang Zat Besi

Kondisi kurang zat besi atau anemia bisa memicu bibir terlihat lebih gelap karena kadar hemoglobin yang rendah pada saat anemia membuat ada perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir yang tampak lebih gelap.

7. Genetik

Penyebab bibir hitam juga ada yang merupakan faktor keturunan atau genetik. Orang yang lahir dengan kulit gelap atau kadar pigmen tinggi juga berpotensi lebih untuk memiliki rona bibir yang cenderung gelap.

Cara Mengatasi Bibir Hitam

1. Mengurangi minuman berkafein

Jika Anda gemar mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, maka mulai sekarang batasi konsumsinya. Pasalnya, terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat warna bibir menggelap.

Baca Juga :  Fokus Rekapitulasi Suara, PAN Belum Pikirkan Jatah Kursi

Lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih yang banyak, kelembapan bibir tetap terjaga sehingga masalah bibir kering dan bibir menghitam bisa diminimalkan.

2. Jaga kelembapan bibir

Untuk menghindari bibir yang kering dapat memicu warnanya jadi gelapm kamu bisa gunakan lip balm atau pelembap bibir. Lebih baik lagi agar pelembap bibir juga mengandung tabir surya untuk menjaga dari pengaruh buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol

Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Tidak hanya memicu munculnya keriput di sekitar bibir dan wajah, kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga bisa membuat bibir menjadi kering dan tampak hitam.

Ini karena paparan zat nikotin berlebihan bisa membuat produksi melanin, yaitu zat pemberi warna alami kulit, meningkat sehingga membuat warna bibir menjadi gelap. Konsumsi alkohol memicu terjadinya dehidrasi dan dapat menyebabkan bibir menjadi hitam.

4. Menghindari mengigit atau menjilat bibir

Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir bisa membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah, gatal, dan iritasi sehingga dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Jadi, cobalah hentikan kebiasaan ini, jika Anda tidak ingin memiliki bibir hitam.

5.Memeriksa kandungan lipstik yang dipakai

Lipstik memang bisa menyamarkan warna bibir yang hitam, namun, Anda harus cermat dalam memilih lipstik yang digunakan sehari-hari.

Beberapa kandungan dalam lipstik seperti kamper, minyak kayu putih, peppermintmenthol, parfum, lanolin, fenol, dan asam salisilat bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi sehingga jika digunakan secara terus menerus bisa membuat bibir menjadi hitam.

Baca Juga :  Resmi! KPK Menahan Mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta

6. Memijat bibir

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah memijat bibir. Dengan memijat bibir, aliran darah pada bibir akan meningkat dan hal ini bisa membuat warna bibir menjadi lebih cerah dan merona. Nah, agar hasilnya lebih maksimal, Anda disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat bibir.

7. Menghilangkan sel kulit mati pada bibir

Untuk menghilangkan warna hitam di bibir, Anda disarankan untuk melakukan eksofilasi bibir sebanyak 2 kali dalam seminggu menggunakan scrub bibir berbahan lembut.

Dengan melakukan scrubbing atau eksfoliasi bibir secara rutin, sel-sel kulit mati pada bibir dapat terangkat sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara mencerahkan bibir. Scrubbing bibir secara rutin juga bisa memperbaiki jaringan kulit di bibir dan membuat bibir menjadi halus.

Cara melakukan eksfoliasi pada bibir cukup mudah, pertama-tama lembabkan bibir menggunakan lip balm, minyak almond, atau madu. Setelah itu, gosok bibir secara perlahan menggunakan gula untuk membantu mengelupaskan kulit-kulit tipis di bibir.

8. Cukup konsumsi air putih, sayur dan buah-buahan

Pastikan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari dan juga mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga hidrasi pada tubuh selalu baik.

 

Nah itu dia penyebab dan cara mengatasi permasalahan bibir hitam, tetap jaga kesehatan tubuh dan merawat diri dengan baik agar kita bisa menikmati hasilnya dalam jangka panjang.

Penulis : Vahira Mona Luthfita, Siswi Magang, SMAN 1 PONOROGO

Berita Terkait

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik
Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian
Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan
Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan
Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh
Doa Pengantin Pria untuk Calon Istri: Memohon Kebaikan dan Perlindungan
Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru
Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 23:57 WIB

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 September 2024 - 22:50 WIB

Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian

Thursday, 19 September 2024 - 22:44 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:37 WIB

Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:30 WIB

Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh

Berita Terbaru

Doa ketika mimpi buruk.Doc.lst

Berita

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 Sep 2024 - 23:57 WIB