SwaraWarta.co.id Profesi food blogger semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang tertarik untuk menjadi food blogger, dan di sisi lain, banyak bisnis kuliner yang memanfaatkan jasa mereka untuk promosi.
Baca Juga: Ada Daging Kelelawar Pedas! Ini 7 Kuliner Khas Manado yang Nikmat
Food blogger berperan penting dalam mempromosikan makanan, karena mereka sering dianggap sebagai influencer di dunia kuliner.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Namun, efektivitas promosi melalui food blogger bergantung pada popularitas dan kredibilitas mereka. Semakin banyak follower dan pengaruh yang dimiliki seorang food blogger, semakin besar dampaknya bagi bisnis kuliner.
Apa Itu Food Blogger?
Food blogger adalah seseorang yang menulis tentang dunia kuliner di blog atau website pribadi. Mereka fokus pada review makanan, rekomendasi tempat makan, dan terkadang berbagi resep.
Food blogger biasanya memiliki kemampuan mencicipi makanan yang baik, serta pandai menyampaikan rasa makanan melalui tulisan mereka.
Berbeda dengan “foodies” yang sering memposting foto makanan di media sosial, food blogger selalu memiliki platform blog atau website.
Tren Food Blogger di Indonesia
Bisnis kuliner di Indonesia berkembang pesat, dan ini berdampak pada semakin banyaknya food blogger. Profesi ini semakin diakui oleh para pelaku bisnis, terutama karena banyak dari mereka menggunakan jasa food blogger untuk promosi.
Menjadi food blogger di Indonesia relatif mudah, asalkan punya kemampuan menulis, bisa memotret makanan, memiliki selera yang baik, dan suka kulineran.
Saat ini, banyak food blogger terkenal di Indonesia yang membantu mempromosikan bisnis kuliner, terutama saat ada peluncuran restoran baru atau menu baru.
Mereka sering diundang oleh pelaku bisnis kuliner untuk mencicipi dan mereview makanan, lalu membagikan pengalaman tersebut di media sosial.
7 Food Blogger Indonesia yang Paling Populer
Berikut adalah beberapa food blogger berpengaruh di Indonesia:
1. Magdalena (@Mgdalenaf)
Terkenal dengan konten kuliner dan traveling, Magdalena punya pengaruh besar dalam mempromosikan UMKM.
- 2,3 juta follower di Instagram dan lebih dari 4,03 juta subscriber di YouTube.
2. Hans Danial (@Eatandtreats)
Dikenal jujur dalam mereview makanan, Hans Danial sering berbagi rekomendasi makanan yang layak dicoba.
- 378 ribu follower di Instagram.
3. @Anakjajan
Dikelola oleh pasangan Julia dan Marius, akun ini sering membagikan review makanan dan restoran, serta resep.
- 456 ribu follower di Instagram.
4. Ria SW (@riasukmawijaya)
Ria SW membagikan konten kuliner lokal dan internasional, serta sering membagikan perjalanannya.
- 970 ribu follower di Instagram dan lebih dari 3,93 juta subscriber di YouTube.
5. Farida Nurhan (@farida.nurhan)
Farida sering membagikan konten mukbang, khususnya makanan nusantara, yang membuat penonton tergiur.
- 1,6 juta follower di Instagram dan lebih dari 4,34 juta subscriber di YouTube.
6. Nex Carlos (@nexcarlos)
Dikenal dengan gimmick “makan cuy!”, Nex Carlos keliling Indonesia mencicipi makanan, termasuk hidden gems.
- 1 juta follower di Instagram dan lebih dari 4,51 juta subscriber di YouTube.
7. Tanboy Kun (@tanboy_kun)
Spesialisasi Tanboy Kun adalah mukbang makanan pedas dan porsi besar, sering membuat penonton ngiler.
- 1 juta follower di Instagram dan lebih dari 15,7 juta subscriber di YouTube.
Baca Juga: Mama Kimchi Jogja, Pusat Kuliner Korea Ramah Mahasiswa
Profesi food blogger di Indonesia semakin berkembang dan diakui oleh banyak pihak, terutama di industri kuliner yang terus tumbuh pesat.