Tips Diet yang Baik untuk Kesehatan

Avatar

- Redaksi

Thursday, 18 July 2024 - 21:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi diet sehat

Ilustrasi diet sehat

SwaraWarta.co.id– Mempunyai berat badan ideal merupakan keinginan semua orang, namun karena berbagai faktor seperti gaya hidup tidak sehat, hormon, pengaruh obat, dan lain sebagainya membuat munculnya permasalahan berat badan tidak ideal.

Cara menurunkan berat badan yaitu dengan menjalankan diet yang baik dan benar agar manfaat yang ditumbulkan bukan hanya penurunan berat badan namun juga perubahan gaya hidup sehat yang konsisten. Lantas, apa saja tips diet menurunkan berat badan yang baik untuk kesehatan? Simak beberapa tips menurunkan berat badan yang dapat diterapkan untuk mendapatkan berat badan ideal.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tips Diet yang Baik untuk Kesehatan

Diet tidak perlu menggunakan obat, diet berarti kita mengubah beberapa aspek dalam gaya hidup yang kurang sehat agar tubuh kita dapat beradaptasi dan menjalankan diet tanpa stress dan konsisten. Berikut merupakan tips menjalankan diet yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Minyak Cengkeh Mulai dari untuk Kesehatan hingga Kecantikan

1. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan yang sehat memang salah satu kunci dari diet yang sukses, makan yang teratur dan tepat waktu, mengurangi bahkan menghentikan konsumsi makanan junk food, dan mengganti camilan dengan yang lebih sehat, serta yang paling penting mengatur porsi makan secukupnya.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Manfaat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh berdampak positif pada proses pembakaran lemak. Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, proses pembakaran lemak dapat berjalan optimal, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada penurunan berat badan secara bertahap.

Minumlah air kurang lebih 2 liter dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih sebelum makan juga dapat mengurangi rasa lapar dan makan berlebihan.

Baca Juga :  Ragam Perbedaan Broken White dan Putih Tulang, Bikin Ruangan Makin Nyaman

3. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, tambahkan sayur dalam porsi makan agar lebih terasa keyang dan lebih sehat. Sayur dan buah mengandung serat yang dapat membantu menyerap gizi lebih baik dan memperlambat proses pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Selain sayur dan buah, masih banyak lagi sumber makanan yang mengandung serat seperti biji-bijian dan gandum.

4. Tidur yang Cukup

Salah satu faktor yang dapat memicu kenaikan berat badan adalah tidak memperoleh waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Kualitas tidur yang baik dapat mengatur nafsu makan seseorang dan meningkatkan metabolisme tubuh untuk pembakaran lemak secara optimal. Maka dari itu, saatnya mengubah kebiasaan buruk ini untuk mendukung keberhasilan diet.

Baca Juga :  Mirip Abon Sapi, Ini Resep Dendeng Ragi

5. Olahraga Secara Teratur

Salah satu kunci dari keberhasilan diet adalah dengan olahraga, dampingi diet sehat dengan olahraga secara rutin agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan efektif. Dalam hal ini, aktivitas fisik berat tidak dianjurkan karena dapat membuat kadar gula tidak stabil. Seseorang yang tengah menjalani program diet lebih dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki selama 30 menit setiap hari secara rutin atau jogging seminggu 3 kali.

 

 

Itulah beberapa tips menjani diet yang baik untuk kesehatan, perlu diketahui bahwa kebutuhan tubuh setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak semua metode diet sehat cocok untuk semua orang. Dengan kata lain, diet yang aman harus tetap memperhatikan kondisi tubuh individu itu sendiri.

Penulis : Vahira Mona Luthfita, Jurnalis Magang, SMAN 1 PONOROGO

Berita Terkait

Inilah Kumpulan Doa yang Dapat Dibaca Ketika Turun Hujan
Umat Islam Perlu Tahu! Inilah Kumpulan Doa untuk Menahan Lapar saat Puasa
Inilah Niat dan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis
Kumpulan Doa Menolak Bala yang Wajib Diketahui!
Inilah 6 Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan
Wajib Tahu! Inilah Doa Memohon Kesembuhan Ketika Sakit
Dilarang Membunuh Semut? Inilah Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya!
Baca Doa ini Agar Rumah Dilindungi dari Binatang Berbisa!

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 04:52 WIB

Inilah Kumpulan Doa yang Dapat Dibaca Ketika Turun Hujan

Tuesday, 17 September 2024 - 20:11 WIB

Umat Islam Perlu Tahu! Inilah Kumpulan Doa untuk Menahan Lapar saat Puasa

Tuesday, 17 September 2024 - 19:42 WIB

Inilah Niat dan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Tuesday, 17 September 2024 - 19:02 WIB

Kumpulan Doa Menolak Bala yang Wajib Diketahui!

Monday, 16 September 2024 - 20:39 WIB

Inilah 6 Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan

Berita Terbaru