swarawarta.co.id – Setiap tahapan pada pendekatan rubik selalu memuat deskripsi berdasarkan apa?
Dalam pendidikan, seringkali kita menemukan soal yang mengharuskan kita memahami pendekatan rubrik dalam menilai kinerja peserta didik.
Baca Juga: 7 Cara Menyusun Hasil Temuan Perbaikan Pembelajaran dengan Efektif
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Pada setiap tahapannya, pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik.
Soal
Setiap tahapan pada pendekatan rubik selalu memuat deskripsi berdasarkan apa?
Jawaban
A. Performa belajar peserta didik
B. Indikator belajar peserta didik
C. Media belajar peserta didik
D. Model belajar peserta didik
Jawaban
B. Indikator belajar peserta didik
Pembahasan
Pendekatan rubrik digunakan sebagai metode penilaian sistematik dan terstruktur dalam pendidikan.
Baca Juga: Apa Saja Rekomendasi Anda Bagi Guru agar Praktik Kinerjanya Bisa Meningkat di Kemudian Hari?
Setiap tahapannya memiliki deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik. Berikut adalah poin-poin penting dalam pendekatan rubrik:
1. Pendahuluan
Pada tahap ini, kita akan diberikan gambaran umum mengenai tujuan penilaian dan kriteria-kriteria yang akan dinilai.
Deskripsi pada tahap ini dapat mencakup indikator-indikator kunci yang akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja peserta didik.
2. Kriteria Penilaian
Pada tahap ini, kita akan menemukan kriteria-kriteria penilaian yang menjadi fokus. Setiap kriteria ini berhubungan langsung dengan indikator belajar peserta didik.
Baca Juga: Bagaimana Pandangan Ibu/Bapak terhadap Pendidikan Seksual Sejak Dini? Yuk Coba Cara Ini!
3. Deskripsi Tingkatan Kinerja
Pada setiap tingkatan kinerja, rubrik memberikan deskripsi yang spesifik mengenai indikator belajar peserta didik yang dapat diamati pada tingkat kinerja tersebut.
Ini membantu memberikan panduan yang jelas bagi guru atau penilai dalam menilai dan memberikan umpan balik kepada peserta didik.
4. Contoh Kinerja
Beberapa rubrik menyertakan contoh-contoh kinerja yang mencerminkan setiap tingkatan.
Contoh ini dapat memberikan gambaran konkret mengenai bagaimana indikator belajar peserta didik dapat diinterpretasikan dalam konteks tugas atau proyek tertentu.
Umpan Balik Rubrik juga dapat digunakan sebagai alat umpan balik yang efektif.
Melalui deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik, guru dapat memberikan umpan balik konstruktif kepada peserta didik, membantu mereka memahami kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.
Dalam menjawab soal seperti yang telah dijelaskan di atas, jawabannya adalah B. Indikator belajar peserta didik.
Karena pada setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan indikator belajar peserta didik.
Artinya, poin fokus pada pendekatan rubrik adalah indikator belajar peserta didik.
Dalam pilihan jawaban soal tersebut, terdapat empat opsi jawaban yaitu A, B, C, dan D.
Pilihlah jawaban B karena merupakan jawaban yang tepat berdasarkan poin-poin penting dalam pendekatan rubrik yang telah dijelaskan di atas.
Baca Juga: Apa Saja yang Sangat dibutuhkan Murid untuk Membantu Mereka Menguatkan Kekuatan-kekuatan Kodratnya?
Pendekatan rubrik membantu menciptakan proses penilaian yang transparan, objektif, dan terfokus pada aspek-aspek yang penting untuk perkembangan belajar peserta didik.
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami konsep ini agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang kita terima.