swarawarta.co.id – Pernyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan semua murid
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.
Baca Juga: Contoh Penerapan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang Tepat Adalah
Jadi jawaban yang tepat mengenai pernyataan tersebut yakni :
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
Pembahasan
Berikut ini adalah beberapa penyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran:
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan semua murid.
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru atau sekolah.
Baca Juga: Ragam Contoh Visi Misi Sekolah Dasar dengan Penerapan Kurikulum Merdeka
Setiap mata pelajaran atau topik pembelajaran cenderung memiliki tujuan yang berbeda, meskipun sebagian ada yang bersifat umum dan dapat disamakan di beberapa mata pelajaran.
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid.
Penyataan ini lebih dekat dengan kenyataan. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan digunakan untuk mengevaluasi apakah pelajar telah mencapai standar minimum atau target yang telah ditetapkan oleh guru atau sekolah.
Oleh karena itu, kriteria ini sangat penting untuk menentukan tingkat keberhasilan dan kesuksesan siswa dalam belajar.
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
Penyataan ini sangat tepat. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran harus memperhitungkan kebutuhan dan kemampuan siswa, sehingga guru mampu menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa.
Baca Juga: Ragam Contoh Visi Misi Sekolah Dasar dengan Penerapan Kurikulum Merdeka
Selain itu, kriteria ini juga sebagai panduan guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang efektif.
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.
Penyataan ini tidak benar. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.
Misalnya, tujuan pembelajaran akan ditentukan oleh aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan atau ditetapkan, serta cara pengukuran yang akan digunakan untuk menilai pencapaian siswa terhadap kriteria tersebut.
Baca Juga: Ragam Manfaat Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Apa Aja?
Demikianlah penjelasan singkat tentang kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan beberapa penyataan yang benar seputar kriteria ini. Semoga bermanfaat!