Lakukan Latihan Ini untuk Membantu Mengecilkan Perut Buncit!

Avatar

- Redaksi

Saturday, 27 July 2024 - 16:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Kebiasaan yang menyebabkan obesitas. Doc.Ist

Ilustrasi Kebiasaan yang menyebabkan obesitas. Doc.Ist

SwaraWarta.co.id– Perut buncit merupakan permasalahan yang dialami oleh seeorang karena terjadi penumpukan lemak berlebih di area perut, hal ini bukan hanya berakibat pada masalah kesehatan saja namun juga kerap membuat seseorang tidak percaya diri. 

Hingga banyak orang rela melakukan segala cara untuk mendapatkan perut yang rata, seperti melakukan diet, sedot lemak, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, tubuh tidak bisa membakar lemak dalam satu atau beberapa bagian tubuh yang kita inginkan, tubuh kita mempunyai mekanisme tersendiri untuk mengelola lemak dalam tubuh.

Latihan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Olahraga yang teratur seperti cardio ataupun workout akan membantu pembakaran lemak dan pembentukan otot yang kita inginkan. Maka dari itu, berikut merupakan beberapa latihan yang efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Obesitas!

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

1.Crush

Crush merupakan gerakan yang bisa melatih otot perut bagian atas dengan cara menekuk kedua kaki dengan posisi terbaring kemudian mulai melakukan gerakan seperti sit up namun hanya 1/4 saja.

Kalian bisa melakukan gerakan ini dengan 20 kali gerakan dalam 3 kali repitisi. Namun, untuk pemula cukup lakukan 20-30 gerakan saja, karena bisa saja kalian akan merasakan nyeri di bagian perut cukup lama. Perlu diketahui, merasakan nyeri otot setelah berolahraga merupakan hal yang wajar, kita hanya perlu streching dan istirahat sejenak.

Baca Juga :  Bagaimana Momentum Penggunaan Overhead Pass?

2. Double Crush

Gerakan ini juga efektif melatih otot perut atas dan bawah, caranya dengan posisikan badan seperti akan sit up (badan terangkat setengah) kemudian kedua tangan menopang disamping badan atau juga bisa disamping telinga, lalu mulai mengangkat kaki lurus kedepan kemudian tarik hingga paha dan lutut menempel badan. Atau juga bisa dengan menggunakan kaki kanan ke kiri secara bergantian.

Lakukan gerakan ini 10-12 kali dengan 3-4 repitisi, dan untuk pemula cukup dilakukan satu kali repitisi untuk latihan proses, jangan terlalu dipaksa jika sudah terasa sangat nyeri dibagian perut.

3. Toe Touch Crunch

Cara melakukan gerakan ini dengan memposisikan tubuh terbaring, kemudian angkat kaki 90 derajat keatas, lalu mulai mengangkat tangan berusaha menyentuh ujung kaki, bisa dengan kedua tangan langsung atau bergantian. Lalukan gerakan dengan 20 kali gerakan dalam 2-3 repitisi.

Baca Juga :  Manfaat Puasa Senin Kamis: Rahasia Kesehatan dan Ketenangan Jiwa

4. Russian Twists

Gerakan ini bisa untuk melatih otot perut samping dan depan, cara melakukannya dengan memeposisikan tubuh seperti gerakan sit up namun badan terangkat setengah, bisa dengan kaki yang tertekuk atau diangkat setengah ke depan. Kemudian mulailah menggerakkan badan ke kiri dan ke kanan beserta kedua tangan di depan badan.

Kalian bisa melakukan gerakan ini dengan 20 kali gerakan dalam 2-4 kali repitisi, intinya sesuaikan dengan kemampuan kalian.

5. Leg Raises

Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot bagian bawah dengan cara memposisikan tuhuh beraring dengan tangan di kedua sisi tubuh, lalu mulailah menganggat kaki 90 derajat keatas kemudian turunkan perlahan. Lakukan gerakan ini 20 kali dengan  3-4 repitisi.

6. Mountain Climb

Gerakan ini selain untuk melatih otot area kaki tapi juga dapat melatih otot perut, caranya dengan memposisikan tubuh seperti akan push up, kemudian dorong kaki ke depan secara bergantian. Lakukan gerakan ini dengan 20 kali dalam 3-4 repitisi, sesuai kemampuan kalian.

7. Plank

Bukan rahasia lagi bahwa plank dapat melatih kekuatan otot perut, selain dengan melakukan plank biasa, kalian juga bisa mencoba beberapa gerakan plank lainnya.

Baca Juga :  Wajib Diketahui! Adab-adab Berolahraga Sesuai Syariat Islam

a. Plank with shoulder tap,

seperti namanya cara melakukan gerakan ini adalah dengan memposisikan tubuh seperti akan push up dan mulai menggerakkan tangan menyentuh pundak kanan kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini dengan 20 kali dengan 2-3 repitisi, sesuai kemampuan kalian.

b. Up-Down Plank,

gerakan ini dimulai dengan memposisikan tubuh seperti akan push up kemudian mulai menekuk siku kanan dan kiri  secara bergantian dan berakhir dalam posisi plank. Lakukan gerakan ini dengan 10-12 kali dengan 2-3 repitisi, sesuai kemampuan.

c. Side Plank,

gerakan plank ini dilakukan dengan memposisikan tubuh dalam posisi plank, kemudian gerakan tubuh ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Lakukan gerakan dengan hitungan 10 kali dengana 2-3 repitisi, sesuai kemampuan kalian.

 

Itulah beberapa latihan otot perut yang bisa kalian coba, namun sekali lagi ingat bahwa kalian tidak bisa membakar lemak secara spesifik di suatu area, tapi tubuh kalian sendiri yang memilihnya. Jangan lupa untuk melakukan defisit kalori dan olahraga secara teratur, entah itu cardio ataupun workout.

Penulis : Vahira Mona Luthfita, Siswi Magang, SMAN 1 PONOROGO

Berita Terkait

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik
Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian
Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan
Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan
Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh
Doa Pengantin Pria untuk Calon Istri: Memohon Kebaikan dan Perlindungan
Doa Akhir dan Awal Tahun, Untuk Tahun Baru
Doa Agar Cepat diberi Keturunan atau Momongan

Berita Terkait

Thursday, 19 September 2024 - 23:57 WIB

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 September 2024 - 22:50 WIB

Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian

Thursday, 19 September 2024 - 22:44 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:37 WIB

Doa Rasulullah SAW untuk Pengantin: Mengharapkan Keberkahan dalam Pernikahan

Thursday, 19 September 2024 - 22:30 WIB

Doa Meminta Pasangan yang Saleh: Memohon Kebijaksanaan dan Kehidupan Bersama Orang-Orang Saleh

Berita Terbaru

Doa ketika mimpi buruk.Doc.lst

Berita

Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik

Thursday, 19 Sep 2024 - 23:57 WIB