Pantai Goa Cina: 10 Fakta Unik dari Destinasi Wisata Pantai Indah Kabupaten Malang Ini

Avatar

- Redaksi

Sunday, 14 April 2024 - 01:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pantai Goa Cina, Malang – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)

SwaraWarta.co.id – Salah satu pantai terbaik yang ada di Kabupaten Malang adalah Pantai Goa Cina, yang merupakan destinasi wisata memikat dengan goanya yang dekat dengan bibir pantai.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di Pantai Goa Cina, para pengunjung bisa menikmati keindahan hamparan pasir putihnya, juga ombak besar khas pantai selatan, beserta panorama alamnya yang begitu mempesona.

Pesona alam Pantai Goa Cina menjadi kian populer dan mampu bersaing dengan daya tarik destinasi wisata terkenal lainnya di Kabupaten Malang.

Untuk sampai ke lokasi oantai ini, para prngunjung bisa mengaksesnya dengan mudah melalui paket perjalanan wisata Bromo yang biasanyanya ditawarkan oleh banyak biro perjalanan.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina, dengan segala keunikan alam dan panorama yang dimilikinya, pantai ini menawarkan pengalaman wisata luar biasa yang tidak terlupakan bagi para pengunjung.

Pantai Goa Cina adalah kombinasi menarik antara goa yang letaknya berdekatan dengan bibir pantai, hamparan pasir putih, serta ombak besarnya yang menciptakan suasana memikat bagi para wisatawan yang datang.

Bukan hanya itu, pantai ini juga menawarkan banyak sekali aktivitas yanh bisa dilakukan yang tentunya sangat menyenangkan seperti berjemur di tepi pantai, berenang, atau sekadar bersantai ria seraya menikmati keindahan alamnya.

Dengan daya tarik pesona alamnya yang begitu memesona serta fasilitas yang memadai, Pantai Goa Cina tentunya layak menjadi pilihan yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan di Malang.

1. Sejarah Singkat Pantai Goa Cina


Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina, Malang – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Berdasarkan informasi yang beredar, Pantai Goa Cina, dahulu kala lebih dikenal sebagai Pantai Rowo Indah, akan tetapi sebuah peristiwa yang terjadi pada 1903 menjadikan tempat ini kemudian berubah nama.

Kala itu, seorang biksu Cina ditemukan meninggal dunia di sebuah goa dekat pantai, ditemukan setelah hanya berupa tulang belulangnya saja.

Karena hal inilah yang kemudian membuat masyarakat setempat menjadikan tempat tersebut sebagai Pantai Goa Cina, sebagai rujukan kepada biksu Cina yang meninggal tersebut.

Baca Juga :  Menjelajahi Kampung Korea di Bandung: Destinasi K-Pop dan Kuliner Korea yang Hits

BACA JUGA: Rekomendasi Wisata di Malang yang Cocok dijadikan Pilihan Liburan

2. Panorama Lain Pantai Goa Cina

Di kawasan destinasi wisata ini, selain goa yang menjadi ciri khasnya, pantai ini juga memiliki dua pulau yang cantik, yakni Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya, merupakan dua pulau dengan bentukan batu karang yang menakjubkan tampilannya secara visual.

Ombak besar yang terjadi di pantai ini pun terbilang unik karena merupakan pertemuan arus gelombang laut yang berasal dari tiga arah yang berbeda, yakni dari arah timur, selatan, serta barat.

Sedikit catatan, meskipun ombaknya cukup berbahaya, hal itu tidak mengurangi minat para wisatawan untuk tetap datang mengunjungi pantai ini.

3. Cara Menikmati Pantai Goa Cina


Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Di kawasan Pantai Goa Cina banyak hal bisa dilakukan, selain menawarkan berbagai cara untuk menikmati keindahan alamnya, tentunya akan menjadi sebuah pengalaman sangat seru bagi para pengunjung yang datang.

Bukan hanya aktivitas bermain air, di lokasi pantai ini ada banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan untuk menambah pengalaman pribadi saat sedang berada di Pantai Goa Cina di Malang ini.

Yang tidak lain dan tidak bukan di antaranya adalah mengunjungi goa itu sendiri yang tentunya menjadi bagian utama dari pesona pantai ini.

4. Lokasi Goa dan Pintu Masuk

Untuk lokasi goa ini sendiri terletak di atas bukit karang, atau sekitar 50 meter di sebelah kanan pintu masuk pantai.

Ketika tiba di lokasi goa, para pengunjung akan langsung disambut dengan bangunan gapura dengan ornamen khas gerbang masuk etnis Tionghoa, dengan dominasi warna merah serta atap bertingkat, menyerupai bentuk pagoda.

Pintu gerbang ini jika diteruskan maka akan membawa para pengunjung sampai ke bukit karang di mana tempat goa yang dimaksud berada.

Sebagai gambaran sepintas, bentuk goa ini sangat berbeda dibandingkan dengan goa-goa lain pada umumnya yang biasanya memiliki stalaktit dan stalakmit.

Baca Juga :  Curug Sawer: Destinasi Wisata Alam Menawan di Bandung Barat

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Batu Malang Terbaik 2024

5. Nuansa Magis Dalam Goa

Untuk strukturalnya, goa ini memiliki panjang sekitar 8 meter serta tinggi 2 meter, yang lebih mirip dengan rongga di dalam batu karang.

Jika pengunjung bisa merasakannya, goa ini menampilkan suasana magis dan sakral yang begitu kental di dalamnya, oleh karena itu diberlakukan aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang hendak masuk ke dalam goa ini.

6. Keindahan Pantainya Layak Dinikmati


Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina, Malang – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Bukan hanya menikmati keindahan pantainya semata,  para pengunjung juga  bisa merencanakan wisata santai bersama dengan keluarga di area tepi Pantai Goa Cina.

Panoramanya begitu menakjubkan dengan area sekitar pantainya yang ditumbuhi oleh deretan pepohonan yang sangat rindang yang tentunya memberikan suasana sejuk dan segar saat siang hari, dan tenang di sore harinya.

Hamparan pasir pantainya yang lembut menambah kenyamanan yang bisa dirasakan oleh para pengunjung untuk sekadar duduk santai seraya menikmati pemandangan alamnya yang mempesona.

Untuk kenyamanan pribadi dan keluarga, sebaiknya para pengunjung membawa tikar serta bekal makanan sendiri untuk piknik, atau memilih untuk duduk santai di bangunan gazebo yang tersedia di sekitar area pantai.

7. Kuliner dan Penyewaan Tikar

Bagi para wisatawan yang tidak membawa bekal makanan atau tikar untuk digelar, tentunya tidak perlu khawatir, karena di sekitar area pantai, berdiri banyak warung makan dan juga penyewaan tikar yang bisa disewa dengan biaya yang tentunya murah dan sangat terjangkau.

Bukan hanya itu, di pantai ini juga para pengunjung bisa menikmati es kelapa muda segar seraya mendengarkan gemuruh ombak yang memecah tepi pantau yang menjadikan suasana liburan di pantai ini tidak terlupakan.

8. Waktu Terbaik untuk Menikmati Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terkenal tidak hanya dengan keindahan dan goanya yang sakral dan magis, tetapi juga menyajikan keindahan alam yang bisa dinikmati nonstop setiap saat, akan tetapi waktu terbaik menikmati momen terbaik dan luarbiasanya adalah pada saat momen matahari terbit atau pada saat matahari terbenam.

Baca Juga :  16 Oleh-Oleh Medan yang Disukai Banyak Orang

Yang lebih menarik lagi, pada momen matahari terbit ini, siluet Pulau Nyonya dan Pulau Bantengan akan berubah menjadi warna hijau yang bergerak perlahan dengan hujanan sinar matahari yang memancarinya.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata di Blitar Paling Populer 2024

Keberadaan kabut pagi yang turun serta suara deburan ombak yang kencang tentunya mampu menciptakan atmosfer berbeda yang menyegarkan, hal ini sangat sempurna untuk memulai hari dengan aktivitas mengasyikan di tepi Pantai Goa Cina.

Lantas untuk momen matahari terbenamnya, pantai ini pun sangat terkenal menjadi salah satu sunset terbaik yang ada di panta-pantai Malang.

Pemandangan matahari terbenamnya tidak kalah cantik bila disandingkan dengan keindahan sunset di pantai-pantai kawasan Pulau Bali, termasuk di antaranya bisa menyaingi keindahan sunset di Pantai Kuta.

9. Bisa Camping di Area Pantai

Bukan sekadar menikmati keindahan pantai serta goanya saja, di Pantai Goa Cina ini pun, terkhusus para pecinta dunia petualangan, di lokasi ini para pengunjung bisa mencoba bermalam dengan camping di sekitar area pantai yang luas ini.

Para pengunjung sengaja memilih opsi camping di sini dengan alasan agar tidak melewatkan momen menakjubkan dan juga indahnya saat matahari terbenam di ufuk barat serta terbit di ufuk timurnya.

Bagi yang tidak mau repot dengan peratan camping, tidak perlu risau karena banyak peralatan camping yang bisa disewa di area pantai ini.

10. Harga Tiket Masuk

Untik harga tiket masuk ke Pantai Goa Cina terbilang murah, para pengunjung hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 rupiah saja, sementara untuk tiket masuk ke area Goa Cina pengunjung dikenai tarif Rp. 5.000 rupiah.

Sewa peralatan camping, sekitar Rp100.000 rupiah, dan biaya parkir motor Rp5.000, sementara untuk parkir mobil sebesar Rp10.000 rupiah saja.

Pantai Goa Cina terletak di Malang Selatan, berdekatan dengan Kawasan Pantai Bajul Mati dan juga Pantai Teluk Asmara.***

Berita Terkait

Zahara Tour & Travel: Penyedia Layanan Umroh dan Haji Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Pantai Kuta Mandalika: Surga Tersembunyi di Lombok yang Wajib Dikunjungi
Menjelajahi Sirkuit Terindah di Dunia: 7 Arena Balap yang Memukau
Desa Wisata Sasak Ende: Menyaksikan Kearifan Lokal dan Keindahan Alam
Menikmati Keindahan Alam di Gunung Jae: Destinasi Wisata Terbaru di Lombok
Sering jadi Tujuan, Ini Daya Tarik Sarae Hills Bandung : Kulinernya Bikin Ngiler dan Ketagihan Wisatawan
Sarae Hills Bandung, Keindahan Destinasi Alami dan Fasilitas Mewadahi yang Rugi Kalau Dilewati
Cocok jadi List Liburan Ini Tempat Wisata Bandung yang Lagi Viral di Tik Tok

Berita Terkait

Tuesday, 15 October 2024 - 11:18 WIB

Zahara Tour & Travel: Penyedia Layanan Umroh dan Haji Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Monday, 14 October 2024 - 17:46 WIB

Pantai Kuta Mandalika: Surga Tersembunyi di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Sunday, 13 October 2024 - 18:17 WIB

Menjelajahi Sirkuit Terindah di Dunia: 7 Arena Balap yang Memukau

Sunday, 13 October 2024 - 17:58 WIB

Desa Wisata Sasak Ende: Menyaksikan Kearifan Lokal dan Keindahan Alam

Saturday, 12 October 2024 - 18:40 WIB

Menikmati Keindahan Alam di Gunung Jae: Destinasi Wisata Terbaru di Lombok

Berita Terbaru

Kebakaran di Pasar Cisalak Depok
(Dok. Ist)

Berita Terbaru

Pasar Cisalak Depok Terbakar, Ini Pemicunya

Saturday, 19 Oct 2024 - 09:42 WIB