4 Aplikasi Perekam Suara Populer yang Memiliki Kualitas yang Prima

Avatar

- Redaksi

Wednesday, 24 April 2024 - 11:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dolby On – SwaraWarta.co.id (Sumber: PlayStore)

SwaraWarta.co.idAplikasi Perekam Suara merupakan salah satu fitur yang penting dalam sebuah Smartphone, dan biasanya sudah ada dalam sistem sebagai aplikasi bawaan.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Aplikasi Perekam Suara dengan Kemampuan untuk merekam suara secara praktis memungkinkan para penggunanya untuk bisa merekam momen penting dengan cepat, wawancara penerimaan kerja, tugas mata kuliah, bahkan untuk sekadar kebutuhan pribadi yang harus diabadikan.

Akan tetapi, kerap kali Aplikasi Perekam Suara bawaan yang tersemat dalam smartphone tidak memberikan kualitas yang memadai, bahkai terkesan seadanya dengan fitur alakadarnya.

Mungkin karena permasalahan keterbatasan fitur ini atau kualitas rekaman yang kurang optimal, banyak pengguna merasa tidak puas dengan aplikasi bawaan tersebut terutama dengan hasil akhir rekaman tersebut.

Hal ini tentu saja menjadi catatan serius tersendiri, mengingat betapa pentingnya perekam suara dalam kehidupan sehari-hari terutama di era konten digital seperti saat ini.

Contoh ringan untuk aplikasi perekam suara kurang optimal adalah ketika seseorang membutuhkan merekam sebuah wawancara untuk keperluan kerja atau studi, atau ketika seorang musisi ingin merekam ide-ide musiknya untuk diolah lebih lanjut, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Atau dalam konteks dunia pendidikan, perekam suara juga sangat sering digunakan untuk merekam penjelasan dari dosen atau guru agar dapat dipelajari ulang kapan saja, dan tentunya bisa dibuka kembali bila lupa, tapi terkadang kualitas hasil rekamannya buruk.

Untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini, solusi yang paling tepat adalah mencoba aplikasi perekam suara alternatif dari pihak kedia yang umumnya tersedia di pasaran internet.

Dalam era sekarang ini, aplikasi seperti ini tentunya ada banyak, jadi tidak usah cemas, pun banyak pilihan aplikasi perekam suara yang dapat diunduh dan digunakan dengan sangat mudah.

BACA JUGA: 2 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di 2024 Ini

Baca Juga :  Pengaruh Teknologi 5G pada Sistem Navigasi dan Keamanan Otomotif

Aplikasi Perekam Suara Paling Populer yang Direkomendasikan

Dari sebegitu banyaknya aplikasi jenis ini, ada beberapa aplikasi perekam suara populer yang layak untuk dicoba dan sangat direkomendasikan, yang antara lain:

1. Smart Recorder


Aplikasi Perekam Suara
Smart Recorder – SwaraWarta.co.id (Sumber: PlayStore)



Aplikasi Perekam Suara yang pertama adalah Smart Recorder merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer, yang banyak digunakan dengan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store dan mendapatkan rating dari audiens 4.6/5.0 dari 485 ribu ulasan pengguna.

Salah satu keunggulannya adalah memiliki kalibrasi penguatan pada mikrofon, yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur kualitas mikrofon sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, Smart Recorder juga memiliki kelebihan lain yang berupa fitur penghematan memori yang berguna, dengan batasan memori maksimum untuk setiap rekaman sebesar 2 GigaByte.

Hal ini tentunya bisa membantu pengguna untuk mengelola ruang penyimpanan perangkat mereka dengan lebih efisien, agar tidak tiba-tiba kehabisan ruang penyimpanan.

Untuk fitur lain yang ditawarkan oleh Smart Recorder adalah kemampuan aplikasi ini untuk merekam suara dalam latar belakang, bahkan ketika layar ponsel pengguna dimatikan.

Fitur ini sangat memungkinkan bagi pengguna untuk terus merekam audio tanpa harus terus-menerus menjaga layar tetap menyala, sehingga meningkatkan kenyamanan penggunaan.

Dengan berbagai fitur unggulannya, Smart Recorder menjadi salah satu pilihan yang sangat baik bagi mereka yang membutuhkan aplikasi perekam suara yang andal tetapi sangat mudah untuk digunakan.

Dengan kemampuannya untuk mengatur kualitas mikrofon, serta bisa menghemat memori, dan merekam di latar belakang, aplikasi ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dalam merekam suara dalam berbagai situasi.

BACA JUGA: Buktikan Sendiri! 7 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat Tahun 2023

2. Aplikasi Easy Voice Recorder


Aplikasi Perekam Suara
Easy Voice Recorder – SwaraWarta.co.id (Sumber: PlayStore)



Easy Voice Recorder telah diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna di Google Play Store, yang tentunya masuk dalam kategori populer untuk kategori perekam suara, dan tak kalah populernya karena sudah mendapatkan 526 ribu ulasan positif.

Baca Juga :  MSI Katana 15: Laptop Gaming Terjangkau dengan Performa Unggulan

Nama aplikasinya sendiri disesuaikan dengan fungsinya yang dirancang untuk memudahkan para penggunanya dalam merekam suara dalam berbagai situasi dan kendala.

Salah satu keunggulan utama Easy Voice Recorder adalah kemampuannya untuk bisa merekam suara tanpa batas waktu, swhingga memungkinkan pengguna untuk merekam sepuasnya, semampu yang ia inginkan.

3. Dolby On: Record Audio & Music


Aplikasi Perekam Suara
Dolby On – SwaraWarta.co.id (Sumber: PlayStore)



Aplikasi Perekam Suara yang selanjutnya adalah Dolby On: Record Audio & Music.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna merekam suara dengan kualitas Dolby yang unggul, sehingga hasil rekaman jauh lebih jernih.

Dengan sekali klik saja, pengguna bisa merekam berbagai jenis audio, mulai dari lagu, podcast, instrumen musik, ide, lirik, hingga ketukan, yang tentunya dengan kualitas audio yang tinggi.

Selain kemampuannya dalam merekam suara, aplikasi Dolby On juga menyediakan beragam fitur untuk pengeditan, yang tentunya mudah dioperasikan.

Dalam aplikasi ini pengguna bisa menerapkan berbagai efek seperti pengurangan noise, juga perluasan stereo.

Bukan hanya itu, fitur lain dari aplikasi ini adalah bisa menkompresi file, penghilangan sibilan, fading yang sangat mudah, penyesuaian EQ, dan masih banyak fitur lainnya.

Dengan begitu, setelah selesai merekam dan mengedit, pengguna juga dapat dengan mudah menyimpan atau membagikan hasil rekaman ke media sosial, email, atau aplikasi berbagi pesan lainnya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Paling Diminati

Secara garis besar, Dolby On merupakan pilihan yang sangat ideal untuk digunakan oleh para musisi dalam menulis ide pembuatan lagu misalnya, atau para livestreamer yang butuh perekaman cepat, dan termasuk siapa pun yang sering membuat konten untuk podcast.

Baca Juga :  Membongkar Keunggulan Logitech G Pro X: Headphone Gaming Profesional dengan Kualitas Tinggi

Dengan fitur-fitur canggih ini, plus kualitas suara Dolby yang superior, aplikasi ini memberikan pengalaman merekam dan mengedit suara yang memuaskan bagi siapa saja yang menggunakannya.

4. RecForge II

Berikutnya adalah Aplikasi Perekam Suara RecForge II – Audio Recorder yang merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk aplikasi perekam suara.

Lewat aplikasi ini, para pengguna bisa dengan mudah merekam, mengonversi file, memutar, mengedit, serta membagikan rekaman suara mereka langsung ke media lainnya.

Aplikasi ini tentunya menawarkan sejumlah fitur utama yang membedakannya dari yang lain.

Salah satu fitur andalan aplikasi ini adalah akses kontrol penuh atas karakteristik audio, seperti pengaturan codec, sample rate, bitrate, dan opsi untuk merekam secara mono maupun stereo.

Fitur ini sangat memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan rekaman sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka masing-masing.

Bukan hanya itu, RecForge II juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pengubah kecepatan suara, dukungan akses untuk mikrofon eksternal, kemudian perekaman latar belakang, serta kemampuan penghilang keheningan.

Fitur-fitur ini menjadi nilai plus aplikasi ini untuk memperluas fungsionalitas aplikasi dan memberikan pengalaman rekaman suara yang lebih kaya.

Ini tentu saja memberikan fleksibilitas dalam hal kompatibilitas dan ukuran file, sehingga pengguna dapat dengan leluasa berbagi atau mengelola rekaman sesuai kebutuhan sendiri.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Perangkat Android

Secara keseluruhan, RecForge II – Audio Recorder merupakan pilihan yang sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan aplikasi perekam suara dengan fitur lengkap dan juga kemampuan pengeditan yang baik.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkannya, aplikasi ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan rekaman suara pengguna dalam berbagai situasi dan kondisi.

Keempat Aplikasi Perekam Suara di atas tentu saja memiliki sisi plus-minusnya, jadi pilihan bisa disesuaikan dengan selera pribadi.***

Berita Terkait

realme 13+ 5G: Smartphone Gaming Terbaru dengan Performa Luar Biasa
Kenapa iPhone Cepat Panas? Berikut ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!
Kenapa AC Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Solusinya
Rahasia Cepat Menampilkan Kalkulator di Laptop Windows 7, 8, dan 10
Kode Redeem Free Fire Terbaru 16 – 17 Oktober 2024: Cara Klaim dan Hadiah Menarik
Aplikasi Penghasil Uang dari Jalan Kaki: Cara Mudah Menghasilkan Uang Sambil Berolahraga
Contoh Chat Kirim CV Lewat WA: Simak Panduan Lengkapnya!
Kumpulan Kode Redeem FC Mobile Terbaru Oktober 2024: Klaim Hadiah Menarik Sekarang!

Berita Terkait

Thursday, 17 October 2024 - 19:41 WIB

realme 13+ 5G: Smartphone Gaming Terbaru dengan Performa Luar Biasa

Thursday, 17 October 2024 - 18:50 WIB

Kenapa iPhone Cepat Panas? Berikut ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Thursday, 17 October 2024 - 18:42 WIB

Kenapa AC Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Solusinya

Thursday, 17 October 2024 - 18:41 WIB

Rahasia Cepat Menampilkan Kalkulator di Laptop Windows 7, 8, dan 10

Wednesday, 16 October 2024 - 19:59 WIB

Kode Redeem Free Fire Terbaru 16 – 17 Oktober 2024: Cara Klaim dan Hadiah Menarik

Berita Terbaru

Ni Luh Puspa 
(Dok. Ist)

Berita Terbaru

Mendadak jadi Wamen, Ini Sosok Jurnalis Kondang Ni Luh Puspa

Friday, 18 Oct 2024 - 10:14 WIB

Pedagang pasar kota Malang dukung Khofifah Emil 
(Dok. Ist)

Berita Terbaru

Siapkan 40.000 Suara, Pedagang Malang Siap Menangkan Khofifah Emil

Friday, 18 Oct 2024 - 10:08 WIB

Jubir KPK jelaskan duduk perkara dana hibah berbuntut pengeledahan 
(Dok. Ist)

Berita Terbaru

Buntut Kasus Dana Hibah, KPK Geledah Dinas Peternakan Jatim

Friday, 18 Oct 2024 - 09:50 WIB