Ilustrasi Jenis-jenis SEO (Dok. Istimewa) |
SwaraWarta.co.id – Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang penting dalam upaya meningkatkan traffic pada situs web.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam era digital saat ini, setiap perusahaan ataupun individu yang memiliki website hampir wajib untuk memanfaatkan SEO dalam mempromosikan produk atau jasanya.
Jenis-jenis SEO Secara Umum
SEO terdiri dari beberapa jenis yang berbeda dengan cara kerja dan strategi yang beragam. Berikut beberapa jenis SEO yang wajib diketahui, yakni:
1. On-Page SEO
Salah satunya adalah On-page SEO, yang merupakan jenis SEO yang fokus pada pengoptimalan dalam situs web.
Dalam On-page SEO, para marketer biasanya melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengatur struktur konten di dalam website agar terlihat menarik.
Selain itu, melakukan optimasi pada elemen seperti gambar, header, meta description, dan judul juga merupakan bagian dari optimasi On-page SEO.
2. Off-page SEO
Off-page SEO, yang berfokus pada pengoptimalan di luar situs web seperti link building dan meningkatkan kredibilitas perusahaan dengan menciptakan eksposur melalui kanal-kanal yang relevan.
Link building adalah strategi paling umum dalam Off-page SEO, yaitu membangun tautan balik ke situsmu dari situs web tepercaya lainnya dan meningkatkan peringkat pencarian mesin pencari.
3. Technical SEO
Lalu, ada juga jenis SEO yang selalu berubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan algoritma mesin pencari yaitu Technical SEO.
Menurut Moz, jenis SEO ini merupakan tindakan yang membantu mesin pencari merayapi situs web dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX).
Contohnya, memastikan bahwa situsmu tidak memiliki masalah pada kecepatan loading, dan memiliki struktur situs yang mudah dinavigasi.
4. Local SEI
Terakhir, Local SEO merupakan jenis SEO yang lebih berfokus pada optimisasi seluruh elemen dalam website yang memiliki kaitan dengan lokasi bisnis.
Dalam Local SEO, perusahaan harus mencantumkan informasi sebanyak mungkin seperti alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto produk untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan lokal.
Mesin pencari akan menampilkan bisnis yang relevan dan dekat dengan lokasi pengguna saat melakukan pencarian.
Dalam kesimpulannya, SEO adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic dan kredibilitas website perusahaan atau individu.
Oleh karena itu, para marketer perlu memahami dan memanfaatkan setiap jenis SEO yang sesuai dengan target dan karakteristik perusahaan mereka untuk mencapai hasil yang optimal.
Namun, pengoptimalan setiap jenis SEO juga memerlukan waktu dan upaya yang berkelanjutan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.