Perdana Menteri China, Li Qiang, Melakukan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Redaksi SwaraWarta.co.id

- Redaksi

Thursday, 7 September 2023 - 01:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Perdana Menteri China Li Qiang meninjau kesiapan operasional KCJB. (KCIC)

SwaraWarta.co.id – Perdana Menteri China, Li Qiang, memanfaatkan kunjungannya ke Indonesia dalam rangka KTT ASEAN untuk menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Selama perjalanan kereta cepat tersebut, ia didampingi oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar Pandjaitan berbagi pengalamannya saat menemani Li Qiang dalam uji coba KCJB pada Rabu (6/9). Mereka menaiki kereta ini dari Stasiun Halim hanya sampai Stasiun Karawang setelah menghadiri acara KTT ASEAN.

Luhut mengungkapkan bahwa Li Qiang sangat puas dengan infrastruktur yang dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). Menurutnya, KCJB memiliki kualitas yang setara dengan kereta cepat di Tiongkok. “Tadi dia sangat puas. Dia bilang sama kualitasnya dengan di Tiongkok. Kita juga puas,” ujar Luhut.

Luhut juga mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan uji coba kereta cepat pada tanggal 15 September 2023, setelah pulang dari pertemuan G20 di India. Jika uji coba berjalan lancar, proyek ini rencananya akan diresmikan dan bisa dinikmati oleh masyarakat mulai Oktober 2023.

Selain menjajal kereta cepat, pertemuan antara Luhut dan Li Qiang juga membahas berbagai hal lainnya, termasuk kerja sama dalam teknologi riset pangan dan bantuan China dalam proyek kereta cepat hingga ke Surabaya.

Li Qiang menggunakan KCJB dengan rute Stasiun Halim-Stasiun Karawang (pp) dengan waktu tempuh sekitar 15 menit untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana. Ia juga melihat berbagai fasilitas dan interior dari Stasiun Halim dan Karawang.

Baca Juga :  Niat Bolos Sekolah, Siswi SMA Sumut diperkosa 2 Orang Pria

Selain itu, Li Qiang diperkenalkan dengan motif batik Mega Mendung yang menghiasi interior KCJB dan berbagai fasilitas dalam rangkaian kereta. Pada saat itu, ia mencoba kereta penumpang dan kereta inspeksi yang dapat mencapai kecepatan hingga 350 km/jam.

Eva Chairunisa, GM Corporate Secretary KCIC, menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Li Qiang. Ia menekankan bahwa kunjungan ini adalah bukti dukungan China terhadap kemajuan sektor transportasi di Indonesia.

Eva juga menjelaskan pentingnya kolaborasi antara kedua negara dalam pengembangan kereta cepat di Indonesia, mengingat China memiliki salah satu fasilitas kereta cepat terbaik di dunia. China telah membawa teknologi dan berbagi pengetahuan mengenai infrastruktur dan operasional kereta cepat kepada sumber daya manusia Indonesia.

Baca Juga :  Dituding Sakit, Prabowo Subianto Joget 'Oke Gas' saat Kampanye

“Ke depan, kami berharap bahwa Kereta Cepat ini akan disambut baik oleh masyarakat dan menjadi pilihan moda transportasi untuk perjalanan antara Jakarta dan Bandung,” tambah Eva.

Sebagai persiapan menjelang operasional, sejumlah uji coba terus dilakukan, termasuk menjalankan 30 kereta per hari untuk memastikan keandalan sarana dan prasarana. KCIC memiliki 11 rangkaian kereta penumpang dan 1 CIT yang telah tiba di Indonesia dan berada di Dipo Tegalluar.

Selain itu, proses sertifikasi sarana dan prasarana juga sedang dilakukan bersama Kementerian Perhubungan. Mengingat bahwa KCJB adalah salah satu Proyek Strategis Nasional, KCIC memastikan bahwa saat operasional dilakukan, semuanya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Berita Terkait

Tebing Keraton:Wisata Bandung yang Cocok Bagi Pecinta Sunset dan Sunrise!
Informasi Lengkap Wisata Kampung Cai Ranca Upas: Wajib Masuk List Liburan di Bandung!
Kawah Putih Ciwidey di Bandung: Harga Tiket dan Fasilitasnya!
Kode Morse Sandi Harian Hamster Kombat 20 September 2024, Raih Jutaan Koin Gratis
UPDATE Enigma Rocky Rabbit 19-20 September 2024: Klaim 2,5 Juta Koin Sekarang!
Inilah Doa Ketika Mimpi Buruk dan Doa Agar Mimpi Baik
Doa Memohon Berkah dalam Pernikahan: Menghadirkan Kebahagiaan dan Kesucian
Doa Memohon Perlindungan dari Perselingkuhan: Memohon Keberkahan dan Kesetiaan dalam Pernikahan

Berita Terkait

Friday, 20 September 2024 - 14:13 WIB

Tebing Keraton:Wisata Bandung yang Cocok Bagi Pecinta Sunset dan Sunrise!

Friday, 20 September 2024 - 11:09 WIB

Informasi Lengkap Wisata Kampung Cai Ranca Upas: Wajib Masuk List Liburan di Bandung!

Friday, 20 September 2024 - 10:30 WIB

Kawah Putih Ciwidey di Bandung: Harga Tiket dan Fasilitasnya!

Friday, 20 September 2024 - 10:28 WIB

Kode Morse Sandi Harian Hamster Kombat 20 September 2024, Raih Jutaan Koin Gratis

Friday, 20 September 2024 - 10:15 WIB

UPDATE Enigma Rocky Rabbit 19-20 September 2024: Klaim 2,5 Juta Koin Sekarang!

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Combo Harian Hamster Kombat 21 September 2024, Menangkan Koin Jutaan

Saturday, 21 Sep 2024 - 01:42 WIB

Berita Terbaru

Berapa Harga Koin Hamster Kombat ke Rupiah?

Saturday, 21 Sep 2024 - 01:04 WIB

Travel

Gehu Jeletot Bandung: Sensasi Pedas yang Bikin Ketagihan

Friday, 20 Sep 2024 - 21:05 WIB